ITB Widya Gama Lumajang Luncurkan Model Pemberdayaan

Dalam Bentuk IKM Melalui Matching Fund Kemendikbud 2021

LUMAJANG, RADARJEMBER.IDMatching Fund merupakan program Kemendikbud 2021 yang mengkolaborasikan Perguruan Tinggi dengan dunia usaha. Tujuannya agar saling berkontribusi mendukung pencapaian misi Direktorat Jendral Industri dan Menengah. Yakni mewujudkan industri kecil dan menengah (IKM) yang berdaya global.

Implementasinya, Program Matching Fund melibatkan dosen dan mahasiswa dalam upaya pengejawantahan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan stressing kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak lain adalah untuk menyelaraskan pemenuhan kebutuhan dan pemecahan problematika dunia usaha.

Pengusul program Matching Fund berkolaborasi dengan KPJT Manut di Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang yakni Dr Hesti Budiwati, S.E., M.M. dengan melibatkan sejumlah tim ahli dari unsur dosen ITB Widya Gama Lumajang. Yaitu Dr. Ainun Jariah S.E M.M. Dr. Fauzan Muttaqien, S.E, M.M, dan Nawangsih, SAB, M.M. Serta 20 mahasiswa ITB Widya Gama dan beberapa anggota KPJT Manut. Mereka adalah para petani yang menghasilkan aneka produk makanan olahan berbahan baku jamur tiram.

KPJT  Manut awalnya bercita cita untuk memberdayakan penduduk yang masih memiliki penghasilan di bawah standard dan membatasi keinginan menjadi TKI di luar negeri.