Liga Mahasiswa NasDem Minta Selesaikan Regulasi  Beasiswa Pemkab Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Keberhasilan penyaluran bantuan beasiswa kepada mahasiswa Jember bukan hanya diukur dari terserapnya dana yang telah dialokasikan, melainkan juga dilihat dari tercapainya bantuan pembiayaan studi itu bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan. Beasiswa akan tepat sasaran bila proses seleksi dilakukan secara sistematis dan terukur.

Bantuan beasiswa itu sempat dibahas dalam audiensi yang dilakukan Liga Mahasiswa NasDem Jember dengan Tim Seleksi Beasiswa Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Tata Pemerintahan, dan Kesra Kabupaten Jember, Selasa (7/9). Ketua Liga Mahasiswa NasDem Jember M Ulil Albab menyampaikan, panduan regulasi beasiswa beasiswa Pemkab Jember dalam petunjuk teknis (juknis) merupakan dasar acuan dalam pelaksanaan beasiswa oleh Pemkab Jember.

Ulil mengungkapkan adanya forum audensi ini, merupakan bentuk pengawalan yang dilakukan Liga mahasiswa terkait regulasi beasiswa beasiswa Pemkab Jember yang kemudian dijadikan pedoman pelaksanaannya. “Mulai proses pengajuan, seleksi penerimaan sampai pencairan,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Jember.
Berdasar kajian, analisis dan pertimbangan forum fusyawarah bersama perwakilan mahasiswa, Liga Mahasiswa NasDem meminta kepada Bupati Jember segera menerbitkan peraturan bupati (Perbup) dan peraturan daerah (Perda) terkait beasiswa Pemkab Jember. “Kami juga meminta kepada Bupati Jember mempublikasikan juknis bantuan beasiswa pendidikan dalam bentuk soft file maupun hard file dan meminta ada perpanjangan masa pendaftaran beasiswa Pemkab Jember,” ujarnya.

Ulil juga menambahkan agar bupati untuk segera berkoordinasi dengan perguruan tinggi (PT) yang telah menjalin kerjasama agar segera membuka pendaftaran bagi mahasiswa pascasarjana yang tergolong tidak mampu. Karena PT belum ada yang membuka, padahal dari pemkab sendiri sudah disiapkan.

Sementara itu, Ketua tim seleksi beasiswa Pemkab Jember Nur Hamid mengapresiasi langkah Liga Mahasiswa NasDem Jember yang telah memberikan masukan. “Terkait informasi dan penerimaan beasiswa pascasarjana bagi warga yang tergolong tidak mampu asli Jember, akan segera kami lakukan koordinasi dengan perguruan tinggi yang telah bekerja sama. Terkait perpanjangan pengajuan, akan kami rapatkan kembali sesuai prosedur yang ada,” tandas Nur Hamid dalam audiensi.

 

Jurnalis : Diana
Redaktur : Nur Hariri
Foto  : Doc Liga Mahasiswa NasDem
Design : Tri Joko Santoso