KKN Kelompok 25 UM Jember Gelar Webinar Nasional Strategi UMKM Naik Kelas

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pesatnya teknologi informasi, menjadikan dunia teknologi semakin dibutuhkan untuk mempermudah semua aspek kehidupan. Tak terkecuali aktivitas usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang marak memanfaatkan teknologi digital marketing. Akibatnya transaksi digital yang semakin tinggi selalu diikuti dengan kompleksnya permasalahan hukum. Hal ini terungkap dalam webinar nasional bertajuk “Sinergi Strategi UMKM Naik Kelas dan Kebijakan Perlindungan Konsumen di Era Digital Marketing”, yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 25 Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember), dengan dosen pendamping lapangan Aris Yuni Pawestri, SH, MH.

Menurut Aris, webinar nasional yang diselenggarakan Rabu (8/9/2021), merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN UM Jember Kelompok 25. “Salah satu tema KKN kali ini adalah UMKM yang disinergikan dengan perlindungan konsumen, agar dua sisi itu terpenuhi,’ jelasnya.

Webinar yang diselenggarakan oleh UM Jember diikuti oleh 217 orang peserta tersebut menghadirkan narasumber nasional yakni Dr Ermanto Fahamsyah, SH, MH, Komisioner dan Wakil Ketua Komisi Kerjasama-Pengkajian Kelembagaan BPKN RI, yang membahas tentang perlindungan konsumen dalam transaksi di era digital.

Menurut Ermanto yang juga dosen Fakultas Hukum Unej itu, pengaduan dalam transaksi e-commerce hingga Juli 2021 relatif masih tinggi. Bahkan menduduki peringkat kedua setelah pengaduan jasa keuangan. Selain itu masih ada ragam permasalahan ekonomi digital, terkait dengan database, keterkaitan dengan subjek dan objek pajaknya, keamanan transaksi, perlindungan data pribadi dan lain sebagainya. “Meskipun aturan sudah ada, lembaga sudah ada, tapi masih ditemukan beberapa persoalan di lapangan. Sehingga BPKN mengambil beberapa langkah strategis untuk merekomendasikan kepada instansi terkait,” jelasnya.

Doktor Ilmu Hukum lulusan Universitas Indonesia itu juga mengapresiasi dengan apa yang dilakukan mahasiswa yang tertarik mengulas isu itu. “Literasi  di tingkat generasi muda khususnya mahasiswa terkait dengan UMKM, era digital, dan perlindungan konsumen sudah ter-update di mereka, dan awalan yang bagus ini harus terus dikawal oleh kalangan civitas academika UM Jember,” ungkapnya.

Selain Dr Ermanto Fahamsyah, beberapa narasumber lain juga dihadirkan oleh KKN Kelompok 25 UM Jember dalam webinar kali ini antara lain Dr. Yuslinda Dwi Handini SSos, MAB, Peneliti Bidang Marketing dan Dosen Prodi Administrasi Bisnis Fisip Unej; Nabilyla Biba, Content Creative dan Fashion Designer, Owner Nabela Daily; dan Ivana Marelda, SH, Pengusaha Muda Berbasis Digital Marketing, CEO CV IM Group (Catering & Event Organizer).

 

Jurnalis : Yerri A Aji
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer : –
Design : Tri Joko Santoso