Ternak Sapi Masih Menjanjikan

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pasokan daging sapi selama ini bisa dibilang masih kurang. Secara nasional permintaan daging masih sangat besar, sehingga peluang untuk ternak sapi masih sangat menjanjikan.
“Kalau di Jember kebutuhan cukup dan harus pintar mengolah pakan ternak agar lebih mandiri,” kata Andi Prastowo Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Pemkab Jember.
Dikatakan, dinas terus memberikan pelatihan agar produk pakan ternak bisa bertahan lebih lama. “Masalah pandemi ini repot ke masalah mengumpulkan peternak karena situasi masih pandemi,” imbuhnya.
Peternak sapi yang terkenal dari Gumukmas, Kencong karena masyarakatnya lebih terbuka untuk menerima tekhnologi baru. “Pakan alternatif dari ternak sapi berupa olahan rumput, jungle jagung, daun ketela untuk diolah biar tahan lama sehingga bisa menghasilkan sapi unggulan,” paparnya.
Keberadaan bibit sapi ada beberapa macam. Salah satunya bibit sapi dari jepang sapinya kecil tetapi tekstur dagingnya tebal. Namun varian baru sapi biar tidak harus import dan supaya menghasilkan sapi yang berkualitas.

Jurnalis : Hengky Kurniawan
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer : Hengky Kurniawan
Design : Maulana Ij’al Syarief