Cita Rasa Pie Susu Radhine Khas Jember, Diminati hingga Luar Kota

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pie susu yang merupakan kue khas Pulau Dewata Bali, menjadi salah satu jajanan yang cocok dinikmati keluarga ataupun sebagai oleh-oleh dan menjadi makanan favorit banyak masyarakat.

Nah, di Jember ada produk pie susu yang tak kalah dengan yang ada di Bali. Lokasinya di Jalan Tidar Greenland Cluster Blok GL 12, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari.

Ya, di sinilah tempat produksi Pie Susu Radhine Handmade with Love khas Kabupaten Jember. Pasangan muda Reza dan Ratih merintis produksi pie susu spesial khas Jember di rumahnya.

Makanan berbahan tepung, gula halus, mentega, vanili, dan kuning telur tersebut dibuat dengan beberapa varian. Yakni pie susu original yang merupakan cikal bakal pie susu Radhine, kemudian pie susu toping coklat keju, pie susu keju, dan toping brownies. Beberapa varian rasa tersebut hadir karena adanya permintaan pasar.

Selain pie susu, Radhine Handmade with Love juga memproduksi menu kue lainnya, yakni brownies dan cheese cake. Menurut Reza, owner Radhine Handmade with Love, dia dan istrinya mulai memproduksi pie susu pada tahun 2013, dan pemesanan waktu itu hanya berdasarkan order saudara maupun teman dekat.

Kemudian pada 2020 keduanya sudah serius produksi setiap hari. Karena pesanan sudah mulai banyak, mereka mulai menggeluti pemasarannya secara profesional. Dan selama pandemi pemesanan masih dilakukan dengan sistem online melalui media sosial dan media yang sifatnya online.

Dalam sehari produksi pie susu bisa mencapai 150 pak lho! Pemasaran pie susu ini bahlan sudah sampai luar kota hingga Jakarta. “Hanya saja masih terkendala pada pengiriman karena makanan tersebut tidak berpengawet dan tidak bisa terkena goncangan keras,” ujar Reza. Dia mengatakan, pihaknya dan para pelaku UMKM membutuhkan pendampingan dan dukungan dari pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kabupaten Jember, agar produknya bisa dikenal oleh masyarakat.

Harapannya bisa menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan baru.

“Kita ingin pie susu ini bisa menjadi produk khas lokal, dan jadi salah satu oleh-oleh khas Jember. Outputnya adalah pemberdayaan sehingga mampu mengangkat ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan baru,” harapnya.

Jurnalis : Yerri A Aji
Redaktur : Lintang Anis Bena KinantI
Fotografer : Yerri A Aji
Design : Tri Joko Santoso