Dosen Kesehatan Polije Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Aplikasi

JEMBER, RADARJEMBER.IDTim Dosen dari Prodi Rekam Medik Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember (Polije), melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 27 Agustus 2021.

Dalam giat itu ada sejumlah dosen dan mahasiswa yang terlibat. Seperti, Veronika Vestine, Bakhtiyar Hadi Prakoso, dan Gandu Eko Julianto Suyoso beserta dua mahasiswa Polije.

Ketua Tim Dosen, Veronika Vestine mengatakan, pengabdian masyarakat di Balai Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.
“Pengabdian ini bertajuk edukasi kesehatan reproduksi ‘menarche’ melalui aplikasi berbasis android pada remaja putri,” papar Veronika.

Giat itu pun dihadiri perangkat Desa Kemuning Lor dan belasan remaja putri yang didampingi oleh ibunya. Pada kegiatan itu ada edukasi reproduksi remaja perempuan dan cara penggunaan aplikasi Simen.

Veronika menjelaskan, hingga saat ini masih ada persepsi yang salah tentang beberapa hal yang dianggap sebagai fakta padahal itu cuma mitos. Persepsi yang salah ini bisa menimbulkan pengalaman traumatis pada remaja putri saat mengalami menstruasi yang pertama. “Nah tadi masih ada yang bilang buang pembalut harus dicuci dulu, atau tidak boleh dibakar malah ada juga yang nyeletuk buang pembalut di jamban,” jelasnya.

Bakhtiyar Hadi Prakoso menambahkan, aplikasi Simen yang dikembangkan timnya, memiliki fitur edukasi reproduksi wanita dalam bentuk artikel dan video animasi serta penghitungan kalender menstruasi. “Kelebihan ‘Simen’ dibandingkan aplikasi sejenis yaitu tersedianya dua opsi bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Madura. Bahasa Madura digunakan secara luas oleh masyarakat Jember, khususnya di Desa Kemuning Lor, Arjasa,” imbuhnya.

Sejumlah dosen dan mahasiswa itu berharap, kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang didanai PNBP tahun 2021 ini bisa menambah kader-kader yang bisa menjadi agen edukasi Kesehatan reproduksi wanita. “Ke depan, untuk meningkatkan layanan bagi penggunanya, ‘Simen’ akan diusahakan untuk diperbaharui fitur dan tampilan aplikasi secara berkala,” jelas Veronika.

Jurnalis : Hengky Kurniawan
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer : Hengky Kurniawan
Design : Maulana Ij’al Syarief