Juara Olimpiade hingga Tingkat Nasional

Sering Gabut Prestasi Semakin Ngebut

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pandemi Covid-19 membuat siswa harus mengikuti pembelajaran online (daring). Pembelajaran jarak jauh yang dianggap belum sepenuhnya efektif, berimbas terhadap penurunan prestasi siswa. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Dewi Salsabila Ayu Lestari, siswa kelas 8H SMP Negeri 3 Jember. Dalam situasi pandemi ini Bila, sapaan karibnya, justru semakin terpacu untuk mengikuti berbagai lomba dan olimpiade mata pelajaran yang diadakan baik lokal maupun nasional. Menurut siswa kelahiran Jember, 24 November 2007 itu, dirinya mengikuti olimpiade karena sering bingung akan melakukan aktivitas apa setelah pembelajaran daring. Sehingga termotivasi mengikuti olimpiade mata pelajaran. “Soalnya sering gabut (tidak ada aktivitas, Red) karena terlalu sering sekolah daring, akibat korona,” tuturnya.

Putri pasangan Sophian Djaka Prawira dan drg Diah Widhiastuti itu mengatakan bahwa dirinya mengikuti berbagai lomba karena keinginan untuk mencoba sesuatu hal yang baru, dan mengasah diri di waktu luang dengan aktivitas yang bermanfaat. “Selain itu untuk mengetahui kemampuan diri¬† sendiri sehingga dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan,” katanya.

Menurut siswa yang bercita-cita menjadi dokter dan dosen itu, dirinya mendapatkan informasi lomba dan olimpiade tersebut dari medsos yakni instagram. “Cari informasi lomba di instagram, jadi kalau ada lomba langsung ikut,” jelasnya.

Beberapa lomba dan olimpiade mata pelajaran yang dijuarainya, jelas bungsu dua bersaudara itu, adalah medali emas¬† Olimpiade Matematika Indonesian Intelligent Competition 2022 di Binjai Sumut. Juara harapan Lomba Karya Ilmiah Remaja Jatim Education Competition 2020 di Surabaya. Medali perak Bahasa Inggris Olimpiade Soshum Nasional 2022 di Jakarta. Medali perak Matematika KSN Osindo Nasional 2022 di Banyuwangi. “Terakhir dapat medali perunggu IPA KSN Osindo Nasional 2022. Juga medali perunggu IPS KSN Osindo Nasional 2022 di Banyuwangi,” paparnya.

Sophian Djaka Prawira, orang tua Bila yang juga dekan FKIP Universitas Moch. Sroedji Jember mengatakan, sebagai orang tua dirinya mendukung semua hal positif yang dilakukan oleh putra-putrinya. “Harapan kami sebagai orangtua agar putri kami tidak cepat berpuas diri, jangan pernah lelah untuk terus belajar dan jangan mudah putus asa dalam meraih cita-cita,” harapnya. (ye)