Jadi Bisnis Lantaran Hobi

JEMBER, RADARJEMBER.ID – MEMILIKI kreativitas di zaman sekarang pastinya akan bermanfaat. Rima Diana Puspita menjadi salah seorang perempuan yang membuktikannya. Berkat hobinya membuat kue atau jajanan, kini bisa menjadi bisnis sampingan di rumah.

Perempuan berhijab itu merupakan mantan anggota KPU Jember. Selain mengelola Gerai Kanesha di Jalan Karimata, Gang Bukit Permai nomor 25, Sumbersari, Jember dirinya juga melayani banyak pemesanan kue. “Sekarang lebih banyak aktivitas di rumah,” katanya.

Dia menceritakan, pada mulanya Rima hanya suka membuat kue. Termasuk membuatkan untuk anaknya. Jangan tanya apakah kue bikinannya pernah gagal. Sudah berulang kali. “Tetapi, karena saya hobi, saya tidak pernah menyerah. Saya coba lagi,” jelasnya.

Rima mengaku, dia belajar membuat kue secara autodidak. Yaitu dengan melihat buku, dan terkadang melihat video YouTube. “Kalau gagal, saya semakin penasaran untuk mencoba sampai berhasil membuat yang enak dan cantik,” ucapnya.

Pada Oktober 2019 lalu, Rima yang sudah sering gagal membuat kue akhirnya punya pengalaman yang begitu berharga. Sebuah foto kue yang dia unggah di status WhatsApp ternyata menarik perhatian temannya sendiri. “Waktu itu ada satu teman Jember yang order. Awalnya saya agak ragu, tapi nekat menerima orderan temanku. Saya tidak menyangka, respons temanku katanya enak,” papar Rima. Sejak itulah, dia tak canggung menerima orderan dari siapa saja.

Lantaran hobi bikin kue dan ada yang membeli, Rima terus mengasah kreativitas dan kemampuannya itu. Dia juga mengaku mendapat banyak ilmu dari saudaranya bernama Ita yang telah berbagi ilmu dengannya. “Prinsipnya, ilmu yang bermanfaat akan mendatangkan keberkahan,” ujarnya.