Intip Usaha Tanpa Modal Dan Menjadi Ladang Rezeki

PAKUSARI, RADARJEMBER.ID – KEMAMPUAN tak hanya bergantung pada bakat. Dengan belajar, apa yang sebelumnya tak dikuasai bisa dengan mudah dilakukan. Asalkan tekun dan pantang menyerah. Inilah yang diungkapkan Lucy Rizki Yunanda kepada Jawa Pos Radar Jember, baru-baru ini. Dari semula dia tidak bisa menggambar, kini dirinya cukup mahir. Bahkan, kemampuannya itu menjadi ladang rezeki bagi dirinya di tengah masa pandemi.

Perempuan 28 tahun tersebut menjelaskan, semua orang bisa melakukan hal tersebut jika bersungguh-sungguh. Apalagi, menggambar merupakan aktivitas menyenangkan dan tak butuh banyak modal. Belum lagi, jika sudah mahir, bakal banyak pesanan yang bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. “Kalau harus memberi harga segitu, tapi pemula, jelas ndak akan laku,” kata penggambar kartun tersebut.

Karena itu, lanjutnya, sedikit demi sedikit dia terima saja pesanan dari pelanggan, asalkan jadi duit. Hal tersebut yang kini sedang dilakukan warga RT 1, RW 4, Desa Bedadung, Kecamatan Pakusari, itu. Dia menjelaskan bahwa dirinya menjual jasa gambar kartun dengan harga Rp 15 ribu per gambar. “Tapi, hanya gambarnya saja. Harganya beda jika harus dibingkai,” pungkasnya.

Meski baru memulai usaha, tapi sudah ada yang berminat. Mulai dari menggambar sketsa diri hingga ilustrasi benda tertentu sesuai keinginan pemesan. Usaha tersebut dirasanya cocok, apalagi untuk ibu hamil seperti dirinya. “Tentu banyak waktu luang. Bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi menjadi rezeki,” paparnya.