Industri Rumahan Tape Singkong Kuning

Sukses Angkat Nama Desa

USAHA TAPE RUMAHAN: Buhori terbilang cukup sukses menjalankan industri rumahan tape singkong kuning dan telah merambah pasar luar pulau.

RADAR JEMBER.ID – Dusun Kopang Darsono, Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, terkenal sebagai kawasan industri rumahan (home industry) tape berbahan dasar singkong kuning. Salah satunya dilakukan oleh Buhori, pemilik satu dari tiga industri rumahan tape tersebut.

IKLAN

Menurut pria yang baru memulai bisnisnya pada awal tahun 2019 lalu, Dusun Kopang Darsono sejak dulu memang terkenal sebagai kawasan penghasil singkong kuning. Inilah awal memulai merintis industri rumahan di wilayah tersebut.

Awalnya, dalam sehari Buhori membutuhkan tiga kuintal singkong kuning setiap hari. Namun kini kebutuhan bahan pembuatan tape itu meningkat menjadi lima kuintal per hari. Seiring perjalanan waktu, bisnis tape kemasan karton miliknya kini memiliki delapan orang tenaga kerja dan berkembang semakin besar serta mulai dikenal di kawasan Tapal Kuda dan Bali. “Keistimewaan tape ini tidak saja dari rasanya, tapi juga tapenya empuk karena dibuat dari singkong kuning,” imbuhnya.

Satu kemasan karton seberat 550 gram dijual seharga Rp 12.000. Untuk memperkuat usaha industri rumahan tape tersebut, karena keterbatasan modal, Buhori melakukan kemitraan bersama salah seorang warga Jalan Manggar, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti