Bisnis Kaktus Imut Mulai Digandrungi

KECIL-KECIL CABAI RAWIT: Meski mungil dan berduri, belakangan ini kaktus menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

RADAR JEMBER.ID – Kaktus, tanaman yang tidak begitu menyukai air ini, saat ini tengah digandrungi masyarakat luas. Meski ada beberapa jenis kaktus yang seluruh pohonnya tertutupi duri, hal itu tidak lantas membuat banyak masyarakat enggan menanamnya. Sebaliknya, berbagai jenis kaktus yang unik dan mungil sekarang banyak diburu orang. Sebab, termasuk salah satu tanaman yang jenis perawatannya terbilang mudah.

IKLAN

Yan Triskawati Amanda, yang akrab disapa Amanda misalnya, ia termasuk salah satu yang mulai merintis bisnis kaktus. Bisnisnya berawal dari hobinya menata interior minimalis dan menjadikan kaktus-kaktus mini sebagai pernak-pernik dalam desainnya. Kini dia bisa meraup profit hanya dengan berbisnis kaktus saja. “Awalnya hanya iseng saja, lalu banyak teman yang minta tolong dibuatkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, banyak juga yang datang ke rumahnya hanya untuk melihat koleksi kaktus yang dia tanam. Ketertarikan tersebut menjadikan hobi Amanda menjadi lebih bernilai ekonomis. “Sejak itu saya langsung menekuni dan belajar tentang apa itu kaktus dan bagaimana cara merawatnya,” lanjut ibu dua anak tersebut.

Wanita yang juga bekerja sebagai guru bimbingan belajar itu menjelaskan, kini kaktus tidak lagi digambarkan sebagai tanaman menyeramkan karena duri dan bentuknya. Tapi kini kaktus bisa dibuat semenarik mungkin. Daya pikat tumbuhan itu mampu membuat orang-orang jatuh cinta. “Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat baik via online (daring) atau langsung, tanggapan mereka sangat bagus sekali,” ujarnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti