Berburu Rumah di BTN Property Expo: Akad Kredit Satu Hari Jadi

RADARJEMBER.ID – Gaya hidup masyarakat yang mulai konsumtif menggeser kesadaran orang mengenai pentingnya berinvestasi di masa depan. Mereka lebih tertarik menggunakan uangnya untuk membelanjakan kebutuhan nonprimer, seperti kredit kendaraan atau ponsel pintar untuk mendukung gaya hidup kekinian.

IKLAN

Untuk itu, Bank Tabungan Negara (BTN) menggelar property expo yang digelar di Mal Roxy Jember, Jumat (24/8). Acara yang didukung oleh 24 pengembang perumahan di bawah naungan Real Estate Indonesia (REI) Komisariat Jember, dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) ini, bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berinvestasi di masa depan. Utamanya, di bidang properti, seperti hunian dan perumahan.

Branch Manager BTN Kantor Cabang Jember Holiosri mengatakan, selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, property expo ini juga bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat di Jember tentang lokasi-lokasi perumahan.

“Ekspo ini yang dilihat adalah gebyarnya. Sehingga, dengan adanya ekspo tersebut, masyarakat bisa lebih mudah lagi menentukan pilihan. Apalagi, ditambah dengan fasilitas yang diberikan khusus selama pelaksanaan ekspo,” katanya, kemarin.

Beberapa fasilitas itu, Holiosri menjelaskan, di antaranya adalah diskon tambahan yang diberikan oleh pengembang. Potongan harga tersebut diberikan ke konsumen yang melakukan akad kredit selama pelaksanaan ekspo yang besarannya mencapai Rp 2,5 juta.

Sedangkan dari Bank BTN juga memberi kemudahan dengan sistem one day approval, atau persetujuan satu hari bagi calon pembeli yang diwawancara selama ekspo tersebut. “Jadi, ada keputusan selama di pameran bagi calon pembeli. Tak hanya itu, juga ada tambahan diskon biaya-biaya dari Bank BTN,” jelasnya.

Menurutnya, sebetulnya kebutuhan masyarakat Jember terhadap rumah masih terbuka luas. Karena masih banyak warga Jember yang belum memiliki rumah. Oleh karena itu, mereka perlu dimotivasi dengan diselenggarakannya ekspo tersebut. “Sehingga, masyarakat yang awalnya enggan memikirkan investasi masa depan, mulai memikirkan tentang hal itu. Apalagi, rumah ini adalah investasi yang cocok untuk masa depan,” ujar Holiosri.

Saat ini, kata Holiosri, berinvestasi di bidang hunian sangat tepat. Karena sekarang ada program satu juta rumah yang dicanangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jadi, khusus bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, dengan penghasilan Rp 4 juta per bulan, maka menurutnya membeli rumah dengan cicilan di bawah Rp 1 juta tidaklah berat.

“Nah, kalau cicil rumahnya bisa dibantu Bank BTN. Ini sama dengan menabung dan berinvestasi. Baru kalau gaji sudah naik, bisa memikirkan lifestyle. Dengan begitu, subsidi yang diberikan pemerintah benar-benar tepat sasaran,” tuturnya.

Dalam kegiatan property expo ini, Holiosri menjelaskan, juga dibarengkan dengan akad kredit masal perumahan bersubsidi. Agenda yang juga memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) ini digelar serentak di setiap daerah yang ada Bank BTN. Ini bertujuan agar gebyarnya terlihat, sehingga program merumahkan masyarakat yang digagas Bank BTN terwujud.

“Apalagi goal-nya juga untuk mendukung target kami tahun ini. Di Jember kami targetkan 2.500 unit. Dengan adanya ekspo ini, diharapkan bisa terealisasi 1200 unit. Sehingga nanti kami tinggal mengejar kekurangannya,” paparnya.

Bagi pengembang, property ekspo ini juga dinilainya bermanfaat. Karena dengan adanya ekspo tersebut, Bank BTN menunjukkan komitmennya untuk fokus dan mendukung Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bagi penggunanya. Sehingga, para pengembang masih setia dengan Bank BTN.

Dukungan pemerintah, terutama Pemkab Jember, juga sangat baik dengan mempermudah perizinan. Maka, saat pembukaan, ekspo ini dihadiri oleh Kepala Dinas PTSP, Syafi’i. Ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Jember terhadap acara ini. “Beberapa waktu lalu, kami juga telah merealisasi program 2002 unit rumah yang sudah ditandatangani oleh Direktur Utama Bank BTN Bapak Maryono dengan Bupati Jember, Ibu Faida,” tandasnya.

Reporter : Mahrus Sholih
Editor : Hadi Sumarsono
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :