Resmikan Teaching Factory (Tefa)

Ngopi, Nyalon, Travelling, di SMKN 3 Aja

RACIK KOPI: Siswa SMKN 3 Jember meramu kopi espreso yang dipesan oleh costumer saat pembukaan cafe ed_S Tiga Satu.

RADAR JEMBER.ID  SMKN 3 Jember mengembangkan Teaching Factory (Tefa) sekaligus mendirikan sarana pembelajaran dengan membuka usaha salon, cafe, hingga tour and  travel. Hal ini merupakan upaya untuk mendekatkan diri  pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi).  Para siswa bisa belajar  mempersiapkan mempersiapkan kemampuan di dunia kerja.

IKLAN

Peresmian Tefa SMKN 3 Jember di Jalan Soebandi No 31 tersebut dibuka oleh Kepala Cabang Dinas  Pendidikan (Dispendik) Jatim Wilayah Jember Lutfi Isa Anshori. Selain itu juga dihadiri beberapa kolega Dudi, seperti  perusahaan travel, media televisi, salon kecantikan, Puslit koka, perhotelan, hingga perusahaan yang bergerak dibidang konveksi.

Mereka juga melakukan MoU dengan SMKN 3 Jember untuk pengembagan Tefa ke depan.  Tak sekedar itu saja, guru SMKN 3 Jember juga dibekali pembekalan model belajar Tefa oleh Dr Bambang Irianto, pengawas SMK SMA Dispendik Jatim Wilayah  Jember.

Kepala SMKN 3 Jember Agus Budiarto SP MPd mengatakan Teaching Factory (Tefa) SMK Negeri 3 Jember berdiri atas dasar PP No 41/2015 tentang pengembangan sumber daya industri, mendirikan pabrik dalam sekolah. Hal itu dilakukan sebagai sarana produksi yang dioperasikan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesunggunya untuk menghasilkan produk sesuai dengan kondisi nyata pada  Dudi.  “Namun,  tidak berorentasi mencari keuntungan,” ucapnya.

Berdasarkan Permendikbut no 34/2018 tantang SNP SMK/MAK, pembelajaran industri atau Tefa, adalah model pembelajaran yang bernuasa industri melalui sinergi SMK/MAK dengan Dudi. Tujuannya  untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tefa SMKN 3 Jember   akan diarahkan pada program keahlian tata kecandikan rambut, kulit dengan nama “ed_Bright Salon & Spa”.  Program  keahlian tata boga dengan nama “ed_S Tiga Satu”, serta mengembangkan usaha tour and  travel bernama aura.  “Tefa SMKN 3 Jember bisa jadi suatu unit kegiatan yang bisa meningkatkan kompetensi peserta didik berstandart Dudi dan bisa melayani kebutuhan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya. (kl/dwi/gus)

Salut Tefa SMKN 3 Jember

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Wil Jember Lutfi Isa Anshori  salut dengan Tefa SMKN 3 Jember. “Saya membuka beberapa kali Tefa. Hanya satu kata yang luar biasa itu ada di SMKN 3 Jember,” tegasnya. Tefa yang lain begitu membuka  tampilannya kurang kelihatan.

“Tefa yang benar ya Tefa seperti di SMKN 3 Jember,” ujar Lutfi.  Dia berharap siswa SMK tidak hanya skill saja yang diasah, tapi juga performace dan komunikasi. Siswa SMK juga harus bisa berkomunikasi yang baik dengan custumer,  mampu mengkomunikasikan keahliannya untuk menyakinkan Dudi. (*)

 

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Bagus Supriadi