Merdeka dari Penantian 17 Tahun

AKHIRNYA DIBUKA: Bupati dan Wabup Lumajang bersama Owner Mopic Cinemas dalam launching bioskop tepat pada 17 Agustus, kemarin.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID –  Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus kemarin tidak hanya memperingati sejarah perjuangan. Bagi warga Lumajang, juga menjadi sejarah berakhirnya penantian panjang selama 17 tahunan. Sebab, selama itu pula masyarakat Lumajang puasa nonton bioskop di daerah sendiri.

IKLAN

Dengan dibukanya gedung bioskop di kawasan Plaza, Jalan PB Sudirman pada 17 Agustus kemarin, berarti Lumajang sudah punya bioskop lagi. Tidak perlu nonton ke tetangga daerah lagi.

Heri Yudianto, pencinta film di bioskop menceritakan, dulu sampai ada lima gedung bioskop. Satu di Jalan Wahid Hasyim, satu di jalan PB Sudirman, satunya lagi di kawasan Adipura. Pada 1990-an ada dua gedung bioskop di kawasan Plaza Lumajang. “Terakhir tutup itu tahun 2002. Sempat ada yang buka 2008, tapi bertahan hanya empat bulanan,” kata lelaki 45 tahun yang jadi pencinta film sejak masa SD ini.

Waktu itu, ada segmen tersendiri. Ada yang dominan khu sus film barat, film India, dominan menayangkan Roma Irama dan Arya Anggara. Dia juga mengaku pernah menonton di lima gedung bioskop itu.

Terakhir dia menonton pada 2002. Setelah itu, tidak ada lagi. Sebab, banyak gedung bioskop tutup terdampak maraknya persebaran video bajakan. “Meski salah satu gedung bioskop direnovasi dan dibuka lagi, tapi gulung tikar,” kata Donartono, pemerhati bioskop.

Dengan dibukanya gedung bioskop Mopic Cinemas yang ada di kawasan Plaza, dia merasa sudah menjawab penantian dan gereget nonton bioskop warga Lumajang. Sebab, selama ini, instansi pemerintah sekalipun, jika nonton bareng harus ke tetangga daerah.

Saat dibuka Bupati Lumajang kemarin, bioskop itu terdiri atas dua studio. Studio 1 ada sebanyak 246 tempat duduk, dan studio 2 berisi 245 tempat duduk. Keduanya memiliki fasilitas modern dan mewah selayaknya bioskop di kota-kota besar.

Ferry Gunawan, owner, mengatakan, pihaknya berani membuka bioskop karena telah men-dapatkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemkab Lumajang. Di berharap dapat turut serta memajukan pembangunan daerah. “Kami berharap, semua bisa bersinergi untuk memajukan masyarakat Lumajang,” pungkasnya.

Reporter : mg3

Fotografer : mg3

Editor : Hafid Asnan