Karya Batik Nelayan Bakal Dilombakan

TINGKATKAN EKONOMI: Istri nelayan saat belajar membatik yang diwadahi oleh OJK Jember.

RADARJEMBER.ID – Karya batik para istri nelayan Puger yang diwadahi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember bakal dilombakan. Hal itu untuk memicu semangat warga pesisir dalam meningkatkan perekonomian. Sebab, warga nelayan dinilai konsumtif dalam menjalani kehidupan.

IKLAN

“Kami ingin merubah daerah Kecamatan Puger menjadi lebih baik secara ekonomi,” kata Azilsyah Noerdin, kepala OJK Jember. Menurut dia, pelatihan batik yang dilakukan akan terus didampingi batik menjadi salah satu penghasilan warga.

Pelatihan membatik itu merupakan program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD). Para nelayan itu langsung dipertemukan dengan pegadaian untuk modal mereka. “Nelayan kalau musim ikan, uangnya habis dibelanjakan,” tuturnya.
Untuk itu, OJK ingin merubah kebiasaan yang konsumtif itu. Sebab, bila cuaca buruk, nelayan tidak bisa mencari ikan sehingga tidak memiliki penghasilan. “Kami ingin saat nelayan melaut atau tidak, istrinya juga membantu perekonomian,” tuturnya.

Selain itu, kerajinan batik itu juga diharapkan agar para nelayan tidak memiliki masalah dengan lembaga keuangan. Seperti macet kredit yang dialami oleh beberapa daerah. Ketika mereka mendapatkan penghasilan baru, kondisi keuangan mereka lancar.
Diakuinya, Kecamatan Puger masih belum memiliki batik khas. Sementara istri nelayan memiliki minat tinggi untuk membatik. Untuk tetap menjaga semangat itu, selain dilombakan, karya batik mereka juga akan dipamerkan.

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Bagus Supriadi