NIPPON PAINT Merah Putihkan Gapura Jember, Meriahkan HUT RI ke-73

Nippon Weatherbond Solareflect, cat eksterior dari Nippon Paint.

Sukses menggelar pengecatan 4614 ribu gapura di 27 kota tahun lalu, kini Nippon Paint kembali menghadirkan program bakti sosial Gapura Merah Putih. Kegiatan yang dilakukan ketiga kalinya ini merupakan persembahan Nippon Paint untuk Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia.

IKLAN

Kepala Depot Nippon Paint Jember, Edy Purwoadji menjelaskan, tahun ini Nippon Paint menargetkan pengecatan 6.000 Gapura Merah Putih di 30 kota. Kegiatan Gapura Merah Putih ini merupakan upaya Nippon Paint untuk ikut serta dalam memupuk semangat persaudaraan dan gotong royong warga Indonesia bersama karyawan Nippon Paint yang turut berpartisipasi langsung. Mulai dari tahap sosialisasi, distribusi, hingga pengecatan.

“Tidak hanya melibatkan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, tetapi kegiatan Gapura Merah Putih ini juga melibatkan ribuan karyawan dan ratusan distributor dan retail partner Nippon Paint,” katanya, kemarin.

Edy mengutarakan, distributor dan karyawan Nippon Paint terjun ke lapangan untuk mengecat gapura bersama masyarakat. Hal inilah yang membuat Gapura Merah Putih bukan sekedar bakti sosial donasi,  juga ada kolaborasi nyata antara masyarakat, Nippon Paint, dan distributor yang terlibat secara langsung dalam mewujudkan 6.000 Gapura Merah Putih.

Sedangkan untuk mewujudkan 6.000 Gapura Merah Putih, Nippon Paint menyediakan cat eksterior Nippon Weatherbond Solareflect warna “Merah Merdeka 1945” dan warna “Brilliant White 1001”. Tak hanya itu, di masing-masing gapura Nippon Paint juga menyediakan Nippon Metallic Paint (Water-Based) warna “Real Gold 3100”.

Edy menjelaskan warna “Merah Merdeka 1945” ini diformulasikan khusus oleh tim Research & Development Nippon Paint sesuai dengan kode pantone standar internasional bendera Indonesia. ”Sesuai dengan garansi warna cat tinting Nippon Paint, maka 6.000 Gapura Merah Putih akan memiliki warna merah putih yang 100% akurat & konsisten dari Sabang sampai Merauke,” jelasnya.

Sementara di Jember sendiri, Edy menambahkan, pengecatan Gapura Merah Putih 2018 telah dimulai secara serentak sejak akhir Juli lalu, dan ditargetkan selesai pada 13 Agustus 2018. Sedikitnya ada 300 gapura yang berada di sejumlah kecamatan di Jember yang ikut dalam kegiatan tersebut. “Kini, gapura yang telah dicat itu terlihat semarak dengan warna serupa, merah-putih,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 005 Lingkungan Krajan, Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, Amir Mahmud mengaku sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Bahkan, menurut dia, banyak warga yang antusias dan sukarela melakukan pengecatan gapura. Kegiatan seperti ini juga dinilainya memunculkan kembali semangat kebersamaan warga. “Selama pengecatan pun, kami turut didampingi oleh pihak Nippon Paint. Sangat terasa sekali kekompakannya,” ujar Amir.

Hal yang sama juga disampaikan Perwakilan Warga Lingkungan Krajan, Wirolegi, Hariri. Menurutnya, antusiasme warga yang ikut kerja bakti tak hanya didominasi oleh orang tua. Tapi juga mulai dari anak muda hingga dewasa. Mereka bergotong-royong bersama Nippon Paint dan Toko Cat Indra, menyelesaikan pengecatan gapura demi mewujudkan 6.000 Gapura Merah Putih di Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia.

Di lokasi yang lain, pengecatan gapura di RT 001 RW 009 Lingkungan Sumber Dandang, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, yang dilakukan oleh warga juga terlihat sangat kompak. Sugik, perwakilan warga menuturkan, pengecatan gapura dari Nippon Paint itu memberikan suasana berbeda dalam merayakan hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia di wilayahnya.

Karena menurut pria yang menjadi koordinator pengecatan ini, dalam kegiatan itu warga saling memberikan ide untuk mengecat Gapura Merah Putih. “Yang paling penting, warga punya kegiatan positif dan kompak untuk merayakan kemerdekaan. Semoga kegiatan ini dilaksanakan lagi di tahun depan,” harap Sugik.

Dukungan serupa diberikan oleh Leny, pemilik Toko Cat Indra. Menurut dia, sebagai pemilik toko cat dan bangunan di sekitar area gapura, pihaknya tak hanya menyumbangkan tenaga, tapi juga peralatan cat. “Karena kegiatan ini tak hanya meriah, namun juga menjadi momentum yang pas untuk menjalin silaturahmi. Suasana kebersamaannya sangat terasa, sehingga kami sangat bersemangat untuk terlibat,” tandas Leny. (*)

Reporter :

Fotografer :

Editor :