BPJSTK Serahkan Santunan JKM Kepada Keluarga Perangkat Desa Jebung Kidul

BERIKAN HAK: Camat Tlogosari bersama tim BPJS Keternagakerjaan saat menyerahkan Santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada keluarga Alm Sudalis, Kepala Dusun Krajan, Jebung Kidul, Tlogosari.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – KCP BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso kembali menyerahkan Santunan Jaminan Kematian (JKM), kemarin (2/8). Penerimanya adalah Hasiseh, istri Alm Sudalis, Kepala Dusun Krajan, Desa Jebung Kidul, Tlogosari. Keluarga ini menerima santunan Rp 24 juta dari BPJS Ketenagakerjaan.

IKLAN

Penyerahan santunan itu dilakukan di Kantor Desa Jebung Kidul. Hadir Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Sasongko Adji, Camat Tlogosari Dodik Siregar, Kepala Desa Jebung Kidul Ali Samsidi dan keluarga korban.

Istri Alm Sudalis Hasiseh mengungkapkan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya Santunan JKM BPJS Ketenagakerjaan. Sebab bisa dipakai untuk biaya keperluan kirim doa tujuh hari, empat puluh hari sampai 100 hari. “Bisa dipakai untuk biaya selamatan usaha,” ujar ibu dua anak tersebut.

Camat Tlogosari Dodik Siregar mengatakan, manfaat santunan inilah yang merupakan bukti manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Karenanya di Tlogosari, ada 10 desa yang semua perangkatnya diikutkan BPJS Ketenagakerjaan. “Dengan manfaat ini, semoga masyarakat semakin banyak yang ikut,” ujarnya.

Dijelaskan, pemerintah Desa Jebung Kidul selama ini sangat antusias membangun desa. Saat ini ada pembangunan masyarakat untuk membuat kampung hijau. Selain itu, ada motivasi kepada masyarakat agar mereka melakukan pembibitan cabe, tomat, sledri dan lain sebagainya. “Kedepan akan ada pasar desa, dan rencananya akan ada sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan agar seluruh pedagangnya ikut BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso Sasongko Adji menyambut baik antusiasme masyarakat. Pihaknya sangat siap untuk bersinergi agar masyarakat memiliki jaminan ketenagakerjaan. “Intinya BPJS Ketenagakerjaan itu adalah gotong royong, semangat inilah yang bisa meringankan masyarakat yang mendapat manfaat,” jelasnya.

Dijelaskan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Sebanyak 206 desa di Bondowoso, mengikuti dua program, yakni JKK dan JKM. “Hari ini bayar, kalau malamnya ada resiko kerja, langsung kami bayarkan santunannya,” tegasnya.

Untuk ikut program ini, para peserta dikenakan iuran yang sangat murah dengan manfaat yang luar biasa. Jika ikut pribadi iurannya membayar Rp 16.800 perbulan, namun ketika dikoordinir perusahaan/lembaga hanya Rp 9.005 perbulan. “Tidak sampai satu bungkus rokok lah,” pungas Adji. (*)

Reporter : Sholikhul Huda

Fotografer: Sholikhul Huda

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :