Tertibkan Reklame Liar

Didominasi Pelanggaran Pemasangan Tanpa Izin

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pemandangan tak mengenakkan terlihat di beberapa kawasan perkotaan. Reklame liar yang masih marak ditemui di sejumlah ruas jalan. Reklame-reklame tersebut akhirnya ditertibkan.
Seperti yang terlihat di salah satu ruas Jalan Ahmad Yani, Lumajang. Banyak reklame liar yang terpasang. Mulai dari reklame dipaku pada pepohonan, dipasang di tiang listrik dan menggantung ke jalan, tidak berizin, hingga reklame yang sudah habis masa izinnya. “Sesuai tugas, kami rutin lakukan penertiban,” kata Sunardi, Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Lumajang.Pihaknya melakukan penertiban reklame liar di kawasan perkotaan. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah menjaga kebersihan dan keindahan kota. “Penertiban itu sebagai wujud kepedulian kami untuk terus menjadikan Lumajang bersih dan indah. Baik di kawasan kota ataupun desa,” ujarnya.
Sunardi menjelaskan, banyak masyarakat yang masih mengabaikan prosedur pemasangan reklame. Padahal, perda sudah ada dan diterapkan. “Sebenarnya masyarakat sudah banyak yang memahami hal tersebut. Akan tetapi, masih sering kali kami menjumpai beberapa reklame tersebut dipasang di tempat-tempat yang dilarang. Misalnya di pasang menggunakan paku di pohon atau dikaitkan dengan tiang listrik dan telepon,” jelasnya.
Selain itu, reklame berizin yang sudah habis masa berlakunya juga ditertibkan. “Reklame izin yang sudah habis masa izin publikasi juga kami tertibkan. Selain itu, banyak reklame yang tidak berizin terpasang di samping-samping jalan,” tuturnya.
Pihaknya berharap masyarakat, terutama para institusi, mengindahkan peraturan reklame yang telah ditetapkan pemerintah. Sebab, mematuhi hal tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan PAD Lumajang. “Kalau masyarakat memahami hal itu, PAD kita akan semakin meningkat,” pungkasnya.