Pentingnya Suntik Vaksin Rabies Pada Hewan Peliharaan

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Kesadaran pemilik hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, maupun monyet, di Lumajang tergolong cukup tinggi. Sampai-sampai seratus jatah vaksin untuk mencegah rabies tahun ini hampir habis. Harapannya, tahun depan Pemkab Lumajang bisa menambah jatah vaksin hewan. Termasuk bisa menambah jenis hewan peliharaan lain yang perlu divaksin.

Titis, salah satu pencinta kucing jenis bengal, mengatakan, suntik vaksin hewan ini membantu pencinta hewan dalam menjaga kesehatan, baik terhadap hewan peliharaan itu sendiri maupun keluarga. Apalagi suntik vaksin rabies tersebut gratis, sehingga bisa mengurangi biaya perawatan kesehatan hewan peliharaan yang cukup mahal.

“Kalau di luar bisa bayar Rp 150 ribu sampai Rp 200 sekali perawatan dan suntik. Ya, lumayan mahal sih. Belum lagi aku punya banyak hewan peliharaan di rumah. Selagi ada momen seperti ini, ya, aku manfaatin biar kucing-kucingku tidak gampang sakit,” katanya.

Sebelum dilakukan penyuntikan, kucing ditimbang berat badan terlebih dahulu. Setelah itu, dilakukan cek suhu tubuhnya. Selain itu, diperiksa detak jantungnya, tingkat dehidrasi, dan lain-lain. Setelah semuanya normal, si kucing disuntik vaksin rabies di bagian punggungnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Lumajang Teguh Widjayono mengatakan, antusiasme warga mengikuti vaksinasi hewan tersebut cukup tinggi. Hal itu menandakan kesadaran pemilik hewan yang ada di Lumajang dalam memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya cukup tinggi.