Daur Ulang Sampah Agar Tak Rusak Lingkungan, Lumajang Resmikan TPS3R

“Yang paling penting adalah kepala desa mau bergerak. Karena berbicara pembangunan di desa ini tidak hanya infrastruktur saja. Tetapi juga mengubah dan membangun perilaku masyarakat. Terutama persoalan sampah yang menjadi atensi kami semua. Selanjutnya, kami akan memfasilitasi sarana, prasarana, dan pembinaan pengelolaannya,” jelasnya.

Ke depan, pihaknya akan menarik petugas pengambil sampah di rumah tangga. Dengan begitu, kemandirian desa mengelola sampah benar-benar terwujud. Hal itu tidak mudah. Karena itu, pendekatan kepala desa dengan masyarakat tentang pengelolaan sampah lebih ditingkatkan. Kini, pihaknya masih kesulitan mengurangi sampah. “Kalau penanganan mudah. Sedangkan target berat adalah pengurangannya,” tambahnya.

Pihaknya juga mengusulkan enam desa lainnya menjadi desa mandiri sampah. Keenam desa tersebut meliputi Desa Ranupani, Kecamatan Senduro; Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo; Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro; Desa/Kecamatan Randuagung; Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung; dan Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko.

 

 

Jurnalis : Muhammad Sidkin Ali
Fotografer : Muhammad Sidkin Ali
Redaktur : Hafid Asnan