Ban Bocor, Operasi Loader Terhambat

Perbaikan Dilakukan di Kawasan Kota

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pembersihan bangunan tetap berlanjut. Enam alat berat dikerahkan di sejumlah titik terdampak gempa. Ada yang menarik perhatian saat pembersihan dilakukan di Dusun Iburaja, Kaliuling, Tempursari. Salah satu alat berat jenis loader milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengalami ban bocor saat melakukan pembersihan.

Joko Sambang, Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, membenarkan hal tersebut. Roda kanan depan bocor terkena paku. “Roda depannya bocor saat pembersihan di salah satu rumah warga. Ada paku yang tertancap di bagian ban depan,” katanya.

Joko menjelaskan, hal tersebut terjadi Minggu siang. Akibatnya, loader tidak bisa dioperasikan untuk sementara waktu. “Sementara tidak bisa beroperasi dulu. Karena harus ditambal. Nambalnya tidak di sekitar sini. Harus dibawa ke kawasan kota. Sebab, bengkel alat berat ada di sana. Di sekitar lokasi terdampak tidak ada yang bisa,” jelasnya.

Sebelum ditambal, roda harus dilepaskan. Sebab, hanya roda bermasalah yang dibawa ke kota untuk diperbaiki. “Kemarin alatnya masih ada di mobil. Sedangkan mobilnya untuk mobilitas personel dan digunakan untuk penyaluran bantuan. Jadi masih belum terlepas,” tambahnya.