Truk ODOL Terguling

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Operasi Zebra Semeru sudah dimulai pekan ini. Sedikitnya delapan hal menjadi atensi kepolisian. Salah satunya adalah kendaraan over dimension overload (ODOL). Sebab, risiko kecelakaan kendaraan ini sangat tinggi. Seperti yang terjadi di jalan nasional, kemarin. Sebuah truk pengangkut kayu terguling di Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh.

“Truk ngguling di utara Jembatan Kali Mujur,” tulis akun Ainun Yaqin. Dia mengunggah foto truk warna kuning dengan muatan kayu yang terguling. Lokasi persis kecelakaan tunggal itu berada di tikungan dan turunan sisi utara jembatan. Terlihat muatan kayu dengan jumlah banyak itu berserakan. “Langganan,” tulis akun Jkcctv Yonkaryono.

Sejumlah akun menduga, truk kelebihan muatan. “Paleng ngangkut kebanyakan,” tulis akun Maja Luma. Akun Respati juga berkomentar sama. “Muatannya kebanyakan,” timpalnya. Sementara, akun Emasintan Arkanleema berkomentar muatan itu termasuk ODOL. “Odol kayaknya ya. Over Dimension Overload,” tulisnya.

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho menjelaskan, kendaraan ODOL sangat membahayakan. Tidak hanya bagi sopir atau kernetnya. Melainkan juga pengendara lain. Oleh karena itu, salah satu sasaran operasi kali ini adalah kendaraan ODOL.