Ingin Lanjutkan Perjuangan Almarhum Suami

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Setahun lalu, perempuan bernama Dessy Setyawati ditinggal suaminya untuk selamanya. Perempuan yang akrab disapa Dessy tersebut sempat terpuruk. Namun, wasiat almarhum suami untuk meneruskan perjuangan memimpin desa tidak menyebabkannya kembali membara. Tahun ini, dia mantap mencalonkan diri sebagai kepala Desa Selokbesuki, Sukodono.

Dek, tolong terusno perjuanganku. Aku nitip rakyatku. Pokok kabeh kudu seneng. Lak iso dalan-dalan iki gaenek sing elek, lak iso kudu dipaving” ucapnya, mengulang perkataan almarhum suami. Meski banyak perkataan negatif dari sejumlah masyarakat, pesan tersebut membuatnya tidak pernah putus asa dan terus bersemangat.

Walau modal yang dimiliki sedikit, lulusan akuntansi STIE Widyagama Lumajang tersebut optimistis bisa memenangkan kursi kepala desa. “Sedikit demi sedikit, bantuan dan dukungan dari masyarakat terus mengalir. Ini yang membuat saya semakin percaya dan berani maju. Saya siap melanjutkan perjuangan almarhum suami,” tambahnya.

Selama setahun terakhir, dia mengabdikan dirinya untuk masyarakat Selokbesuki. Dia meninggalkan pekerjaan sebagai guru honorer. “Saya memilih meninggalkan pekerjaan itu. Karena suami sudah meninggal dan saya memiliki anak yang masih kecil. Sehingga saya abdikan diri untuk masyarakat,” lanjutnya.

Banyak cerita menarik yang dia dapatkan selama menjadi istri mantan kepala desa. Salah satunya ketika warga datang ke rumahnya mengadu karena sapi hilang. Hingga akhirnya dia bergegas ke TKP dengan menggunakan rok mencari jejak sapi dan mengajak masyarakat untuk mengikutinya. Melewati jalanan yang becek, pematang sawah, hingga turun ke sawah dengan rok penuh lumpur. Hingga akhirnya ia menemukan suara sapi yang terikat tali.