Kuota Pemberangkatan Haji Hanya 30 Persen

Jika Kondisinya Makin Memburuk, Cuma 1,8 Persen

LUMAJANG, RADARJEMBER.IDRatusan dokumen dan sejumlah persyaratan untuk keberangkatan haji tahun ini telah dikirim ke Kementerian Agama RI. Termasuk skenario maupun pengaturan untuk keberangkatan haji yang juga mulai dipersiapkan. Mereka berangkat bergantung porsi antrean.

Untuk diketahui, setidaknya jika dalam kondisi normal ada sekitar 700 calon jamaah Lumajang yang harus berangkat tahun ini. Namun, yang diberangkatkan hanya sekitar 30 persen dari jumlah tersebut. Lebih buruknya lagi, jika tidak memungkinkan, hanya 1,8 persen saja dari jumlah total tersebut.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Lumajang Sugianto mengatakan, seluruh dokumen keberangkatan telah dikirim beberapa waktu lalu. Bahkan saat ini, telah dilakukan penyesuaian kuota calon jamaah yang diperbolehkan berangkat. Mulai kuota yang paling kecil hingga paling besar.

“Sebetulnya, ada 600-an dokumen yang sudah kami kirimkan. Kami juga sudah menghubungi sejumlah kelompok bimbingan ibadah haji untuk menyiapkan pelaksanaan manasik jika memang tahun ini bisa berangkat. Pokoknya semua kami persiapkan. Lebih baik kami siap sekarang meskipun kemungkinan terburuknya ditiadakan lagi,” jelasnya.