Pohon Beringin Terbakar Akibat Percikan Api Las

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Kebakaran terjadi di Kelurahan Citrodiwangsan, kemarin siang. Satu pohon beringin di kawasan gudang tua bekas penggilingan padi Bayeman, Kelurahan Citrodiwangsan, Lumajang, terbakar. Tidak sampai satu jam, api berhasil dipadamkan. Diduga api tersebut berasal dari percikan api pengelasan yang berada di dekat pohon.

Slamet, saksi mata, mengungkapkan, dia melihat api sekitar pukul dua siang. Awalnya api tersebut kecil. Tak berselang lama, kobaran api membesar. Dia sempat berusaha memadamkan api dengan air dalam ember. Namun, si jago merah terus melalap batang pohon hingga ke atas. “Saya pakai air dari saluran pipa, tetapi air mati. Jadi, saya langsung teriak minta tolong ke warga,” ungkapnya.

Gudang yang terletak di depan Pemandian Surojoyo tersebut memang sudah tidak beroperasi selama dua tahun. Namun, masih ada sejumlah aktivitas. Sebab, armada truk ditempatkan di sana. “Pagi tadi (kemarin, Red) ada pengelasan di dekat pohon beringin. Kemungkinan percikannya menyentuh pohon, tetapi tidak ada yang tahu,” tambahnya.

Sementara itu, Juma’i, Kasi Penanggulangan Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lumajang, menjelaskan, pihaknya menerima informasi sekitar pukul 14.30. Selanjutnya, 16 personel langsung berangkat ke lokasi. Setelah memadamkan api, pihaknya melakukan pembasahan di semua sisi pohon. Tidak hanya itu, bangunan gudang di utara pohon juga disiram air. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada bara api yang tersisa. Sebab, jarak pohon dengan gudang sangat berdekatan.

“Kami pastikan api sudah padam semuanya. Kalau melihat aktivitas sebelumnya ada pengelasan di dekat pohon, kemungkinan besar percikan apinya menyambar pohon. Hal seperti itu tidak bisa langsung terbakar. Ada proses panjang. Bisa jadi karena tertiup angin, apinya menjadi besar. Sehingga, kami lakukan pembasahan agar api tidak menjalar ke bangunan di samping pohon,” jelasnya.