Akibat Kecelakaan, Jalur Gumitir Lumpuh 11 Jam

SILO, RADARJEMBER.ID –PROSES evakuasi dua kendaraan yang terlibat kecelakaan membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal beberapa jam setelah kejadian, polisi mendatangkan dua alat berat milik Industri Gula Glenmore. “Tetapi, prosesnya gagal karena sulitnya medan dan jalan yang menikung,” jelasnya.

Dampaknya, jalur Gumitir macet karena hanya kendaraan kecil yang bisa lewat. Sementara, kendaraan besar seperti tronton, truk tebu gandengan, dan truk tangki BBM tak bisa melaju. Sehingga kendaraan jumbo itu parkir sebelum memasuki jalur Gumitir.

Pantauan di lokasi, antrean kendaraan yang dari arah Banyuwangi mengular hingga Patung Gandrung, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Sementara, antrean yang dari arah Jember memanjang hingga di sekitar lapangan Desa Garahan, Kecamatan Silo. Kemacetan yang cukup panjang itu berlangsung hingga 11 jam. Sejak terjadinya kecelakaan pukul 18.30, Minggu (29/8), hingga proses evakuasi selesai pukul 05.30, Senin (30/8) pagi.

Meski proses sudah selesai, namun arus lalu lintas tidak bisa langsung lancar, karena menunggu antrean panjang terurai. Apalagi, banyaknya kendaraan besar yang sopirnya memarkir truknya di sebelah kanan kiri jalur Gumitir kian menambah kemacetan tersebut. Bahkan, ada juga sopir truk tebu yang memilih tidur dan meninggalkan kendaraannya begitu saja. “Namun, setelah proses evakuasi Avanza menggunakan derek manual, jalan kembali lancar,” terang Kukun.