Apem Selong dan Putu Dahlok dengan Variasi Rasa Bikin Nagih

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sekilas tak ada yang berbeda dari apem Selong dan putu Dahlok yang dijual Gatot dan istrinya. Bentuknya nyaris sama dengan apem Selong maupun putu pada umumnya. Bahan-bahan yang digunakan sebagai adonan juga tak jauh berbeda. Seperti telur, tepung beras, tape, gula, dan santan. Kalaupun ada yang berbeda, itu disebutnya resep andalan.

Bu Gatot, sang istri, menuturkan, bahan yang digunakan untuk membuat putu juga tak jauh berbeda dengan putu lain. Yakni menggunakan tepung beras. “Namun, kami menawarkan berbagai macam varian rasa,” ujar wanita 56 tahun itu.

Sementara itu, untuk apem, pihaknya menyediakan berbagai varian rasa seperti apem rasa pisang, nangka, cokelat, durian, original, keju, pisang cokelat, pisang keju, dan cokelat keju. “Untuk putu, dengan rasa gula merah, gula putih, dan putu tawar,” paparnya.

Soal harga bagaimana? Ternyata cukup ekonomis. Bu Gatot mematok putu hanya Rp 1.000 per biji. Namun minimal pembelian senilai Rp 5.000. Sementara untuk apem, per biji dapat dibeli dengan harga Rp 2.000. Namun, jika para pelanggan ingin menambang topping keju, cukup menambah Rp 500 per biji.