Taman Salero Padang Sejak 1987 di Jantung Kota

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Rumah Makan Padang banyak ditemui di berbagai daerah, termasuk di Jember. Dari sekian banyak warung makan masakan Padang, ada satu yang cukup legendaris. Namanya Taman Salero Padang. Rumah makan Padang yang berdiri sejak 1987 ini, disebut-sebut pertama di Jember.

Rizki Dianita Malay, pengelola Taman Salero Padang menjelaskan cikal bakal rumah makan yang berlokasi di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang ini. Usaha itu berangkat dari cerita ayahnya yang sempat gulung tikar saat usaha pakaian. Sang ayah yang merupakan pendatang dari Minang, sempat berencana ingin kembali ke kampung halaman. Namun dicegah oleh kawannya dan dianjurkan untuk membuka usaha di bidang kuliner. “Karena usulan itu, kemudian papah saya jualan masakan padang di warung kecil, dulu masih di Jalan Jawa,” ungkap putri bungsu pendiri Taman Salero tersebut.

Meski hanya warung kecil, warung makan tersebut tak pernah sepi pengunjung. Saat itu memang hanya ada satu-satunya di Jember. Di tengah usahanya yang terus tumbuh, rumah makan itu kemudian dikembangkan dengan berpindah lokasi. Dipilihlah lokasi di tengah jantung kota, tepat di sebelah kiri Masjid Al-Baitul Amien Alun-alun Jember. “Sempat juga memiliki cabang di Situbondo. Namun sulit mengolahnya, akhirnya ditutup,” kenangnya.