Kue Leker Gosong Tambah Enak

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Rasa kue leker sepintas mirip dengan kue crepes. Mulai dari adonannya hingga varian isian seperti pisang, cokelat, susu dan mesesnya. Namun demikian, ada perbedaan antara kue leker dan crepes.

Supaidah menyampaikan, siapa saja bisa membuat leker. Yaitu dengan menyiapkan adonan dari tepung terigu yang diberi gula secukupnya. Kemudian, adonan dimasukkan ke penggorengan tanpa menggunakan minyak. “Jadi ini dibakar,” ucapnya.

Begitu adonan mengering menandakan kue leker yang diracik hampir matang. Tak lama setelah itu, siap untuk dikonsumsi. “Kalau gosong justru semakin enak. Ada pahit-pahitnya. Banyak orang yang kadang beli minta yang gosong-gosong,” tuturnya.

Pada proses inilah yang membedakan antara kue leker dan crepes. Kue leker diolah dengan wajan kecil sehingga adonan di bagian pinggir lebih tipis dari yang di tengah. Sementara adonan kue crepes diolah dengan wajan datar sehingga adonan merata.

Bagi warga yang ingin mencoba bisa langsung mendatangi lapak penjualan. Cara termudah untuk membedakan mana kue leker dan mana kue crepes yaitu dengan melihat bentuknya. Kue leker dengan isian di dalamnya hanya dilipat satu kali saja. Sementara untuk kue crepes dilipat lebih dari sekali karena ukurannya yang lebih besar.

Jurnalis: Nur Hariri
Fotografer: Dwi Siswanto
Editor: Mahrus Sholih