Setelah Tes CPNS Jember, Bupati Temukan Ratusan ASN Berkualitas

KALIWATES, RADARJEMBER.ID – Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Jember mulai digelar, kemarin (14/9). Tepatnya, di Gedung Serba Guna (GSG), Kecamatan Kaliwates Jember.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jember Sukowinarno mengungkapkan bahwa pelaksanaan tes hari pertama berjalan lancar. Menurut dia, satu hal yang membuat pelaksanaan tes CPNS tersebut berjalan lancar atas kedatangan Bupati Jember Hendy Siswanto sehari sebelumnya.

Seperti diketahui, Bupati Hendy beserta rombongan datang untuk mengecek segala kesiapan sarana dan prasarana di Gedung Serba GunaJember pada Selasa (13/9) siang. Alhasil, ada beberapa permasalahan yang butuh segera diatasi. “Nyatanya, kedatangan bupati ke sini membawa hikmah,” paparnya. Khususnya, bagi para panitia pelaksanaan seleksi CPNS di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Kaliwates Jember.

SERIUS: Suasana pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember, kemarin (14/9).

Contohnya seperti listrik. Saat bupati melakukan peninjauan, ada beberapa sarana pengecekan suhu elektronik yang belum bisa digunakan. Alhasil, langsung dicarikan solusi agar bisa digunakan. Lainnya seperti ketersediaan pasokan arus listrik. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya bekerja sama dengan PLN, sehingga tidak mengganggu jalannya seleksi lantaran listrik padam. “Ada hitam di atas putih tentang jaminan pasokan listrik, pokoknya aman,” lanjutnya.

Begitu pula dengan jaringan internet. Sukowinarno menerangkan bahwa pihaknya menyediakan dua vendor yang berbeda. “Sehingga ada solusi pada waktu simulasi sebelumnya. Jika ada kendala, dalam hitungan menit bakal langsung lancar lagi,” ungkapnya.

Selain itu, juga berkaitan dengan teknis kesiapan peserta yang akan memasuki ruang Gedung Serba Guna, di Kaliwates Jember. Menurutnya, seluruh peserta harus rileks dan mempersiapkan segala persyaratan. “Pertama, dokumen peserta harus benar-benar lengkap. Kedua, rileks saja dan saat akan memasuki ruangan, semua persyaratan dipegang di tangan,” ucapnya.

Lebih lanjut, atas mandat Bupati Hendy, Sukowinarno menyatakan bahwa pihaknya menargetkan perolehan calon aparatur sipil negara (ASN) yang bagus. Harapannya, dari 3.342 peserta yang ikut seleksi itu, dapat lolos sebanyak 634 formasi CPNS yang berkompeten. “Tentunya, ada proses seleksi yang ketat sehingga berkualitas dan berintegritas,” tegasnya.