Pelaksanaan Haji 2022, Begini Kabar terbaru

"Tidak bisa berandai-andai. Konsentrasi kami saat ini terkait pelaksanaan ibadah umrah dulu." Ahmad Tholabi - Kasi Haji dan Umrah Kemenag Jember

id.theasianparent.com

KEPATIHAN, RADARJEMBER.ID – Kabar dibukanya kembali akses umrah oleh Pemerintah Arab Saudi untuk negara-negara di dunia sepertinya belum membawa angin segar terhadap rencana keberangkatan haji tahun 2022 mendatang. Sebab, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai jadwal keberangkatan.

Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Jember Ahmad Tholabi membeberkan, terkait rencana pelaksanaan haji, sejauh ini memang belum ada kabar. “Dibukanya akses umrah ini kayaknya ada indikasi baik untuk pelaksanaan haji tahun depan,” terangnya, kemarin.

Meski akses untuk ibadah umrah telah dibuka, Tholabi mengungkapkan, namun sejauh ini pihak Kemenag belum memastikan apakah haji bisa dilaksanakan di tahun 2022 mendatang atau tidak. Entah terselenggara dengan keberangkatan setengahnya atau berangkat semuanya, atau justru tidak ada keberangkatan sama sekali. Sebab, Kemenag pusat hingga ke daerah masih terkonsentrasi dengan pengurusan umrah. “Tidak bisa berandai-andai. Konsentrasi kami saat ini terkait pelaksanaan ibadah umrah dulu,” jelasnya.

Selain itu, monitoring dan pengawasan terhadap penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang berkantor cabang di Jember juga tengah dilakukan. Sebagaimana instruksi dari Dirjen Pelaksanaan Haji dan Umrah Kemenag pusat, kesiapan itu dirasa penting. Sebab, bakal menjadi persyaratan utama untuk jamaah agar bisa melaksanakan ibadah umrah. “Data itu nanti langsung dikirim ke dirjen penyelenggaraan haji dan umrah pusat,” tukasnya. Top of Form