CPNS Digilir, PPPK Tunggu Petunjuk

Maksimalkan Persiapan Kelancaran SKD

KEPATIHAN, RADARJEMBER.ID – Rencana pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis computer assisted tes (CAT) terus digodok, dengan harapan pelaksanaan tidak menemui kendala serius. Seperti diketahui, kepastian tanggal jadwal pelaksanaan tes SKD berbasis CAT masih menunggu dari pemerintah pusat. Namun demikian, persiapan terus dilakukan oleh BKPSDM Pemkab Jember.

“Persiapannya tetap di tanggal 25 Agustus, walaupun nanti mundur. Karena kami juga menunggu kepastian dari pemeriksaan pusat,” papar Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sukowinarno.

Soal teknis pelaksanaan tes, Sukowinarno menjelaskan, ada skema yang akan dilakukan, mengingat pentingnya penyesuaian dengan kondisi pandemi korona. Salah satu rencana untuk tes CPNS adalah mengatur tes dengan tiga kali sif. “Rencananya, setiap tes akan ada 200 peserta. Dalam sehari, berarti 600. Teknisnya masih terus dibahas,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan tes PPPK, BKPSDM menunggu pemerintah pusat. “Untuk PPPK, kami menunggu petunjuk. Apakah seperti CPNS atau ada teknis lain,” imbuh Sukowinarno.

Hal terpenting yang sekarang perlu dilakukan di tengah menunggu jadwal pasti serta teknis pelaksanaannya, menurut Sukowinarno, tetap menunggu informasi resmi dari pemerintah. “Kami berharap, seluruh warga Jember yang mendaftar bisa masuk dan diterima menjadi ASN,” imbuhnya.

Dalam rapat dengar pendapat di DPRD Jember, beberapa waktu lalu, Sukowinarno menjelaskan bahwa SKD bagi para peserta rencananya dilangsungkan di Gedung Serba Guna. Persiapan SKD tengah dilakukan agar saat pelaksanaan nanti aman dan lancar. Setiap peserta yang akan memasuki ruangan juga akan dicek suhu tubuhnya.