Duh! Tes CPNS Diundur

Peserta yang Bisa Ikut CAT Diumumkan Bulan Ini. "Tahapan terus berjalan. Terkait tes CPNS atau PPPK, tunggu kabar dari pemerintah pusat." , Sukowinarno - Plt Kepala BKPSDM Pemkab Jember

KEPATIHAN, RADARJEMBER.ID – Pandemi korona memengaruhi hampir semua kegiatan, termasuk menunda agenda pemerintahan. Seperti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Di tengah berjalannya masa prasanggah, pemerintah pusat menerbitkan kabar terbaru. Yaitu penundaan pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis computer assisted test (CAT).

Perihal penundaan tes CPNS serta PPPK disampaikan Agung Wicahyo, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi ASN Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Jember. Menurutnya, rencana SKD berbasis CAT awalnya akan dilangsungkan 25 Agustus, tetapi diundur. “Ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Jadi, menunggu kabar dari BKN (Badan Kepegawaian Negara, Red) atau pemerintah pusat,” jelasnya.

Meski pelaksanaan tes ditunda, namun tahapan lain seperti prasanggah dan masa sanggah terus dilakukan. Sebab, dari ribuan pendaftar, tidak seluruhnya lolos administrasi. “Sekarang prasanggah. Setelah itu masa sanggah,” tuturnya.

Apabila masa sanggah selesai, pada pertengahan Agustus nanti, nama-nama pendaftar yang dinyatakan lolos administrasinya akan masuk ke tahapan berikutnya. “Rencana diumumkan tanggal 15 Agustus. Kalau tidak ada perubahan,” papar Agung.

Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM Pemkab Jember Sukowinarno menjelaskan, warga yang mendaftar selayaknya mengikuti informasi resmi mengenai penerimaan CPNS dan PPPK agar tidak salah langkah. “Tahapan terus berjalan. Terkait tes CPNS atau PPPK, tunggu kabar dari pemerintah pusat,” jelasnya.