Jumlah Suket Mencapai 19.428 ribu

Jatah Blanko Kementerian Hanya 500 Keping Perbulan

TAMPOKERSAN, RADARJEMBER.ID – Pembuatan e-KTP hingga akhir tahun ini masih terus berlanjut. Jumlah blanko yang dikeluarkan oleh kementerian sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan. Dalam setahun surat keterangan (suket) yang keluar sudah tembus 19 ribu. Sementara jatah blanko hanya 5000 keping perbulan.

IKLAN

Agus Warsito, Plt Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Lumajang, mengatakan seluruh kota maupun kabupaten di Indonesia terjatah blanko sama. Yakni sebanyak 500 keping. “Sementara setiap minggu dari kabupaten mengeluarkan surat keterangan (suket) sebanyak 1.800 lembar,” terangnya.

Dia menambah, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, berjanji akan segera menyelesaikan persoalan ini. Hal tersebut disampaikan pada rapat koordinasi nasional (rakornas) kependudukan di Jakarta. Rapat tersebut dihadiri perwakilan Komisi II DPR RI.

Hariyanto Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Dispendukcapil Lumajang mengatakan, jumlah suket hingga akhir tahun 2019 ini mencapai 19.428 ribu. “Jumlahnya cukup banyak. Tetapi kemungkinan 2020 akan selesai,” katanya.

Kabupaten menurutnya sudah maksimal dalam memberikan pelayanan e-KTP. “Karena dalam pembuatan suket ini cukup cepat. Kelengkapan siap satu jam. Setelah itu sudah bisa membawa suket dan bisa digunakan dalam pelananan yang lain,” terangnya.

Reporter : mg3

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan