Pemkab Terus Awasi Kualitas Daging Kurban

DITOTRUNAN, RADARJEMBER.ID – Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, seluruh panitia diminta melakukan koordinasi dengan penyuluh peternakan. Sebab, beberapa pihak ternyata masih banyak yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban, keesokan harinya.
Kabid Peternakan Dinas Pertanian Lumajang drh Rofi’ah mengatakan, meskipun hewan kurban sudah melalui tahap pemeriksaan, tapi sebelum penyembelihan, kesehatan hewan juga wajib dipastikan.
“Para penjual hewan sudah kami tandai. Namun ketika penyembelihan nanti, kami akan datang untuk memastikan kualitas dagingnya. Apakah terlihat hitam atau hatinya jelek. Tujuannya untuk menjamin keamanan dan kesehatan ketika dikonsumsi,” ujarnya.
Di sisi lain, lebaran kurban tahun ini memang tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Pemkab Lumajang selalu melakukan sembelih hewan kurban.
Tetapi tahun ini tidak. Sebab, seluruh hewan tersebut diserahkan pada sejumlah masjid, pondok pesantren serta sejumlah lembaga zakat baik Laziznu maupun Lazizmu.
Sementara Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Lumajang Mahfud mengatakan, penyerahan tidak terpusat pada satu tempat saja. Melainkan pada sejumlah lembaga yang sudah mengajukan permohonan. Seperti pondok pesantren Miftahul Ulum Banyuputih dan beberapa pondok lainnya.
“Tahun ini Kesra memang tidak menyembelih seperti tahun lalu. Kami serahkan semua ke pondok, masjid dan musala. Kesra hanya memfasilitasi kupon pembagian dari Masjid Agung,” ucapnya.
Selain itu, pihaknya berharap pada seluruh pihak yang melaksanakan penyembelihan kurban melakukan koordinasi dengan penyuluh peternakan. Baik yang berkurban hari ini (31/7) atau keesokan harinya. “Para panitia kurban dimohon tidak menggunakan plastik dalam pembagian daging, sesuai dengan Perbup tentang pengurangan Penggunaan plastik sekali Pakai,” pungkasnya (son/fid/hdi)

IKLAN
Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Atieqson Mar Iqbal
Fotografer: Istimewa