Urip Urup Genjot IPM

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Bupati Lumajang Thoriqul Haq MML mengapresiasi lembaga yang telah didirikan oleh Kelompok Orang Tua Asuh (KOTA) Yosowilangun Lor, yang bernama Urip Urup.

IKLAN

Kelompok ini, telah membantu program peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Lumajang. Kelompok itu merupakan lembaga yang diciptakan oleh para tokoh lintas sektor.

Tujuannya memberikan dorongan kepada anak-anak usia sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Terima kasih semuanya. Ini saya pastikan membantu program pemerintah,” ujar Bupati Thoriqul Haq, pagi kemarin.

Cak Thoriq, yang juga mantan S-2 di University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia, itu mengakui bahwa IPM Lumajang masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah rata-rata lama sekolah.

Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya menggenjot peningkatan IPM tersebut, dengan cara akselerasi kejar paket. “Akselerasi ini yang nantinya kita ambil, sehingga ada percepatan terhadap peningkatan IPM di Kabupaten Lumajang,” tegasnya.

Bupati mengatakan, pihaknya akan mendukung program Urip Urup yang selama ini melakukan upaya peningkatan terhadap IPM di Kabupaten Lumajang. “Ini inspirasi bagi kita semua. Kami akan terus support, semoga ini menjadi bagian harapan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat untuk sama-sama membangun Lumajang lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Yosowilangun Lor Syaiful Imam mengatakan bahwa, program-program yang telah di lakukan sepenuhnya memberikan hasil yang nyata. Sejauh ini, lembaga Urip Urup yang diketuai oleh Johan Andy Sanjaya dikabarkan telah menurunkan rata-rata lama sekolah di wilayah Yosowilangun Lor.

Ia mengatakan bahwa saat ini sudah ada sekitar 32 anak asuh yang telah melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi berkat bantuan beasiswa yang diberikan desa maupun partisipasi KOTA (Kelompok Orang Tua Asuh) bagi anak-anak yang kurang mampu.

“Alhamdulilah, anak-anak yang sudah digrebek KOTA, 90 persennya sudah melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi,” ungkapnya Dia berharap, program yang dijalankan lembaga Urip Urup dapat terus dikembangkan. Dengan demikian, dapat meningkatkan rata-rata lama sekolah di wilayah Yosowilangun Lor

Reporter : mg3

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan