Simpan 11,5 Kg Bahan Mercon

DITANGKAP: Slamet, 38, warga Dusun Krajan, Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso penyimpan bahan peledak mesiu ditangkap aparat Polsek Ranuyoso saat Operasi Pekat Semeru.

RANUYOSO – Polisi menyita 11,5 kilogram bahan peledak (mesiu) yang disimpan pemiliknya, Slamet, 38, di dalam rumahnya di Dusun Krajan, Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso. Bahan mercon itu tepergok petugas di tengah berlangsungnya Operasi Pekat Semeru Senin malam (28/5) kemarin.

IKLAN

Aparat Polsek Ranuyoso langsung membawa Slamet beserta barang buktinya ke dalam mobil polisi. Dari seluruh barang bukti yang ditemukan, ada sebanyak 13 plastik masing-masing berisi 1 kilogram mesiu, tiga plastik masing-masing berisi 0,5 kilogram mesiu. Sehingga totalnya ada 11,5 kg mesiu yang diamankan. Polisi juga mengamankan barang bukti lain berupa 17 sumbu atau penyulut. Kuat dugaan, bahan peledak itu akan dijadikan bahan mercon.

Sumila, 27, salah seorang tetangga Slamet mengaku, selama ini Slamet dikenal kerap pembuat mercon. Namun, belum jelas apakah akan dipakai sendiri oleh pemiliknya ataukah akan dijual ke orang lain.

Hingga berita ini ditulis, Selasa (29/5), proses penyidikan belum dilakukan. Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Catur Budi Baskoro menuturkan, pihaknya masih menginventarisasi data temuan itu. Sementara terkait apakah akan dipakai sendiri ataukah akan dijual oleh pemiliknya, lanjut Catur, masih akan dilakukan penyidikan. “Termasuk kami juga akan menggali informasi dari pemilik, dari mana dia mendapatkan barang itu,” terang Catur.

Saat ini Slamet masih ditahan di rutan Mapolsek Ranuyoso. Polisi menganggapnya telah melanggar Pasal 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 karena menyimpan bahan peledak. Dia terancam kurungan maksimal 12 tahun penjara.

Catur mengimbau kepada setiap warga yang mendapati ada orang yang memproduksi, menyimpan, maupun mengedarkan bahan peledak semacam itu agar lekas melaporkan kepada pihak berwajib. Mengingat, barang tersebut begitu berbahaya, terlebih bila disalahgunakan. (was/c1/aro)

Reporter :

Fotografer :

Editor :