Kominfo Bentuk PPID Tingkat Desa

SOSIALISASI : Sekretaris Kominfo Dr Soekamto Mpd dan Asisten Administrasi Ir Nugroho Dwi Atmoko dalam sosialisasi mekanisme pembentukan PPID desa.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Setelah berhasil membentuk Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) tingkat OPD, kemarin Dinas Komunikasi dan Informatika Lumajang melakukan pengembangan. Dengan membentuk lembaga serupa di tingkat desa. Harapannya, seluruh informasi di desa dapat  diakses dengan cepat dan akurat.

IKLAN

Pembentukan itu untuk men-cukupi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan informasi. Terlebih aktivitas kelembagaan di tingkat desa. Hal tersebut dianggap efektif supaya ma syarakat mudah dalam meng akses informasi. “Diharapkan dapat menyediakan layanan informasi yang lengkap, akurat dan murah,” ujar Ir Nugroho Dwi Atmoko, Asisten Adminis trasi Sekda Lumajang dalam acara Sosialisasi Mekanisme Pembentukan PPID Desa di Gedung Guru, kemarin.

Tak tanggung-tanggung, narasumber yang dihadirkan dari Komisioner Informasi Provinsi (KIP) Jawa Timur. Memang menurut Undang-Undang Transparansi Publik, pemerintah di tingkat desa sekalipun, mem-punyai kewajiban untuk melakukan pelayanan dan penge-lolaan informasi kepada ma-syarakat. “Pemerintah desa merupakan bagian eksekutif terdepan yang paling dekat dengan masyarakat,” jelasnya.

Sepulang dari kegiatan so sialisasi tersebut, diharapkan seluruh perangkat dan instansi pemerintah desa sudah me nyediakan pelayanan tersebut. “Desa harus melek informasi dan melek teknologi informasi,” tambahnya.Sementara itu, Dr Sukamto, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang mengatakan, pentingnya transparansi informasi harus segera terealisasikan. Masyarakat juga harus terlibat dalam mengawasi dan menilai kinerja pemerintah di tingkat desa.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan