Mobil Keliling Urus KK dan KTP, Langsung Jadi di Tempat dan Gratis

KAYA INOVASI: Cak Thoriq dan Bunda Indah, pasangan calon bupati dan wakil bupati Lumajang ini kaya inovasi. Salah satunya terobosan mobil pelayanan adminduk keliling.  

LUMAJANG – Masyarakat Lumajang yang selama ini kerap dibuat ribet dengan proses pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) seperti KTP, KK, dan adminduk lainnya, kini bisa bernafas lega. Sebab, Cak Thoriq dan Bunda Indah tidak pernah sepi solusi. Sebagaimana nomor urut mereka dalam kontestasi Pilkada Lumajang, berbicara inovasi pelayanan, pasangan Thoriq-Indah (PASTI) selalu nomor satu.

Thoriqul Haq, Calon Bupati Lumajang
IKLAN

Setelah memunculkan program Mal Pelayanan Publik, pasangan kandidat bupati dan wakil bupati Lumajang yang identik dengan batik putih itu tengah menyiapkan armada layanan adminduk untuk tiap-tiap kecamatan. Moda ini dinamai dengan Mobil Layanan Keliling. ”Konsepnya, Mobil Layanan Keliling akan melayani pembuatan KTP, KK, akta kelahiran, akta pernikahan, dll, secara on the spot atau jemput bola,” kata Cak Thoriq menjelaskan.

Tiap-tiap moda layanan dilengkapi dengan petugas dukcapil yang akan memberi layanan selama hari dan jam kerja. Mobil Pelayanan Keliling secara terjadwal akan keliling ke seluruh penjuru desa guna memberi layanan pada masyarakat. Dokumen kependudukan yang diurus akan jadi di tempat, serta gratis.

Selain memangkas radius pengurusan dokumen pribadi seperti KTP dan KK, strategi ini tentu saja bakal memangkas siklus untuk mengurus adminduk. Biasanya, untuk pemohon pemula mesti melakukan perekaman KTP-el ke kantor kecamatan setempat. Belum lagi, untuk jenis pemohon lain, misal KTP-el-nya rusak, hilang, atau pindah status kependudukan, maka harus datang langsung ke Kantor Dispendukcapil Kabupaten Lumajang.

Bagi daerah dengan akses jalan dan medan geografis yang baik mungkin tidak jadi masalah. Namun, bagi warga yang tinggal di daerah seperti Argosari dan Ranu Pani Kecamatan Senduro, Penawungan Kecamatan Ranuyoso, hal itu menjadi perjuangan keras.

Untuk itulah, sebagai awalan, nantinya kecamatan-kecamatan terpencil akan mendapat jatah distribusi paling awal. Cak Thoriq sudah mengalkulasi ada delapan kecamatan dengan sejumlah desa terpencil yang perlu diprioritaskan menerima distribusi Mobil Layanan Keliling gelombang pertama.

Gagasan tersebut sempat dia sampaikan kepada ratusan warga saat berkunjung ke Desa Argosari, Kecamatan Senduro, pekan kemarin. Betapa warga yang hadir begitu antusias setelah menanggapi rencana tersebut.

Sarimin, salah seorang warga setempat menuturkan, sebagai masyarakat terpencil yang tinggal pada jarak 40 kilometer dari pusat Kota Lumajang, dan dengan kondisi geografis yang tidak begitu baik, masyarakat Argosari merasakan betul betapa susahnya mengurus adminduk. Prosesnya pun panjang.

Tidak cukup di situ. Setelah antre berjam-jam di bangku layanan, tak jarang mereka harus kembali tanpa membawa pulang dokumen yang diurus. Pemohon mesti kembali lagi beberapa pekan kemudian untuk melanjutkan rangkaian pengurusan. “Bagaimana kemudian kami tidak meninggalkan rutinitas harian kalau begitu,” ucap Sarimin.

Dia mengaku, mendukung penuh program Mobil Layanan Keliling yang digagas paslon nomor satu itu. Hal itu pula yang lantas membuatnya dengan mantap berancang-ancang memilih Thoriq-Indah di hari pencoblosan 27 Juni nanti. (kl/was/mgc/aro)

 

 

 

Reporter :

Fotografer :

Editor :