Bursa Kerja di Lumajang Sediakan 600 Lowongan

MEMBURU PEKERJAAN: Para pelamar terlihat antusias mencari lowongan kerja sesuai yang diinginkan di acara job fair di halaman Disnaker Lumajang.

RADARJEMBER.ID – Ratusan pencari kerja (pencaker) terlihat memadati acara bursa kerja (job fair) mini yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lumajang. Acara yang dilangsungkan di halaman Kantor Disnaker itu sejak pagi hingga siang dibanjiri para pelamar. Mereka berasal dari berbagai lulusan, mulai dari SMA, SMK, hingga perguruan tinggi.

IKLAN

Ma’rifatul Ghoiroh (18), pelajar lulusan SMKN Senduro, berharap bisa diterima salah satu perusahaan yang membuka lowongan di acara bursa kerja kali ini. “Kebetulan baru pertama ini ikut job fair,” katanya, saat diwawancarai di sela-sela istirahat sian, Selasa (30/4).

Dia mengakui, saat ini untuk mendapatkan pekerjaan cukup sulit. Sehingga membuat dirinya harus berikhtiar lebih keras lagi. Kendati demikian, dirinya tetap berharap, pemerintah daerah melalui Disnaker Lumajang lebih intens memberikan dan menyediakan wadah informasi, khususnya terkait lowongan pekerjaan.

“Semoga nantinya setelah ini akan ada job fair lanjutan,” ujarnya. Dia menambahkan, adanya bursa kerja ini dirinya merasa sangat terbantu karena mendapat informasi lowongan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

Buyung Nasution (29), pelamar kerja yang menginginkan, pemerintah daerah lebih instensif lagi mempublikasikan lowongan pekerjaan. Meskipun informasi yang disampaikan itu sebatas melalui media sosial Disnaker Lumajang. “Saya berharap publikasi informasi lowongan pekerjaan mudah didapat dari media sosial disnaker,” ujar pria lulusan perguruan tinggi swasta di Malang tersebut.

Informasinya, bursa kerja kali ini diikuti 10 perusahaan yang ada di Lumajang. Sedangkan lowongan yang tersedia sebanyak 600 pekerjaan. Hingga siang hari, tercatat sudah ada 130 peserta yang mendaftar dalam job fair mini tersebut. Acara ini dilakukan sehari yang ditutup pada pukul 15.00 Wib.

“Kami berusaha menyediakan kepada anak-anak yang masih belum mendapatkan pekerjaan,” kata Susiyanto, Asisten Pemerintahan Disnaker Kabupaten Lumajang. (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Ahmad Jafin

Editor : Mahrus Sholih