Peringati Sumpah Pemuda, Generasi Muda Diharapkan Mampu Ubah Dunia Melalui Iptek

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID –  Generasi muda diharapkan mampu memberikan warna untuk mengubah dunia, dengan tekad dan semangat dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang saat ini berkembang pesat.

IKLAN

“Sebagai generasi muda, kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini,” ujar Kapolres Lumajang Muhammad Arsal Sahban saat membacakan pidato Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) RI pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun 2019, bertempat di Alun-alun Lumajang, Jawa Timur, Senin (28/10/2019).

Arsal juga menyampaikan, bahwa saat ini di belahan dunia lainnya telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

Menurutnya, canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

“Melalui inilah (ilmu pengetahuan dan teknologi, red), kami harapkan agar nantinya peran pemuda dapat bersaing dalam hal yang posistif, karena Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia,” katanya.

Arsal menambahkan, bahwa tema untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 adalah “Bersatu Kita Maju”, dan tema tersebut sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” imbuhnya.

Upacara ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lumajang beserta jajarannya, dan diikuti oleh sekitar 620 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskbraka) dari 20 Kecamatan, sejumlah siswa-siswi SMA/SMK/MA di Lumajang.

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor :