Pemkab Lumajang Rancang Amphitheater dan Camping Ground di Ranupane

BAKAL DIOPTIMALKAN: Bupati Lumajang Thoriqul Haq beserta jajaran OPD saat meninjau potensi wisata lain di lereng Gunung Semeru bersama konsultan perencana desain.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pembangunan di Lumajang sedang gencar-gencarnya. Selain menghidupkan kembali bioskop yang 17 tahun lalu mati, kali ini rencana pembuatan amphitheater di kawasan Desa Ranupane. Keputusan itu merupakan salah satu upaya memaksimalkan potensi wisata yang ada di Lumajang, khususnya di sekitar Desa Ranupane.

IKLAN

Bupati Lumajang Thoriqul Haq beserta jajaran OPD telah meninjau potensi wisata lain di lereng Gunung Semeru bersama konsultan perencana desain (bukan investor seperti pemberitaan kemarin). Tujuannya merencanakan pengelolaan lokasi wisata di sana.

Tidak hanya di Ranu Pane, Ranu Regulo pun akan dioptimalkan. Bahkan, rencananya lokasi yang kerap kali dikunjungi banyak pendaki itu akan didirikan amphitheater. “Rencananya untuk di Regulo, akan dijadikan lokasi untuk panggung musik,” ujar Retno Wulan Andari, Plt Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) Lumajang.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang berwisata ke sana, dia berharap tidak hanya dinikmati oleh para pendaki gunung saja, melainkan semua kalangan. Mereka bisa mengunjungi lokasi wisata tersebut meskipun tidak bermalam. “Fokus menata lingkungannya, sekaligus membangun infrastruktur untuk menunjang itu,” tambahnya.

Selain mendirikan amphitheater, pemerintah berencana akan mendirikan camping ground dan wisata bunga. Terutama melakukan penghijauan di sekitar jalan menuju lokasi wisata itu. Rencana itu akan dimatangkan sampai tahun 2020 nanti.  “Tahun 2020 semuanya harus segera berjalan, baik pembangunan akses jalan maupun bangunan infrastruktur lainnya. Supaya bisa menarik investor,” tambahnya.

Keinginan tersebut tampaknya mendapat respons baik dari pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Pemerintah diberikan kesempatan untuk mengelola zona pemanfaatan menjadi lokasi wisata yang menarik. “Untuk saat ini, sedang proses MoU dengan TN BTS,” pungkasnya.

Reporter : mg2

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan