Ajak Investor Tinjau Potensi Ranu Pane

CEK LOKASI: Bupati Thoriqul Haq bersama sejumlah investor dan OPD mengunjungi lokasi Ranu Pane dan Ranu Regulo. Tujuannya adalah untuk memantau lokasi yang akan dilakukan pembangunan pengembangan wisata setempat.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Keputusan pemerintah untuk memaksimalkan dua sektor unggulan tidak main-main. Senin, Bupati Thoriqul Haq mengajak calon investor dan jajaran OPD meninjau langsung lokasi wisata yang berpotensi di wilayah Lumajang, yakni Ranu Pane dan Ranu Regulo.

IKLAN

Perencanaan pembangunan wisata harus di sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Harus ditinjau dari dekat, mengingat banyak hal yang bisa di kembangkan di sekitar sana. Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang, mengaku bahwa pengelolaan potensi wisata akan direncanakan dengan maksimal.

Sebab, keberadaan kedua danau itu sangat strategis. Bisa dilewati oleh tiga kabupaten. Namun secara geografis, potensi wisata itu berada penuh di Lumajang. Bupati berharap optimalisasinya segera terealisasi.

Melihat potensi kedua danau itu luar biasa, Cak Thoriq berencana akan membangun camping ground, objek wisata bunga, dan wisata taman di Ranu Regulo.

Sebab, kondisi ranu itu sangat cocok apabila dijadikan objek wisata tersebut. “Nanti akan kita bangun dan kita tata lebih baik lagi,” tambahnya.

Untuk menambah wisata semakin menarik, pemerintah akan melakukan penghijauan kembali di sekitar ranu. Bahkan, akan dilakukan inventarisasi tanaman-tanaman yang menjadi ciri khas ranu itu. “Akan dibangun spot-spot pendukung lainnya di sekitar kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo,” tambahnya.

Selain menata pengelolaan lokasi wisata, Cak Thoriq akan memperbaiki akses jalan untuk mempermudah menuju ke lokasi wisata itu. Bahkan, bupati menargetkan tahun 2020 semua target akan beres. “Ditargetkan akan selesai pada 2020 dengan menggunakan anggaran dari Program Hibah Jalan Daerah,” pungkasnya.

Reporter : mg2

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan