Baznas Sediakan Qornet Sapi

Mengoptimalkan Hasil Qurban yang Berlebih

BERENCANA: Ketua Baznas Lumajang, Atok Hasan Sanusi akan memprogram qornet sapi.

DITOTRUNAN, Radar Semeru- Adanya kasus wabah Covid-19 yang belum selesai ternyata berpengaruh terhadap kondisi ketersediaan hewan qurban. Banyak hewan qurban yang berlebih. Ketersediaan berlebih tersebut menginisasi Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Lumajang untuk mengkalengkan daging dan dirubah menjadi qornet.

Ketua Baznas Lumajang, Atok Hasan Sanusi menyatakan, jumlah qornet atau daging kaleng akan disediakan 1000 kaleng. Proses pengkalengannya akan dikemas di Surabaya. Setelah itu akan dibagikan kepada daerah yang terpencil atau sangat membutuhkan. “Tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, tahun ini karena adanya pandemi, jumlah daging qurban akan jauh lebih banyak,” ucapnya

Menurutnya, dengan adanya pengemasan daging akan jauh lebih optimal. Karena pada setiap hari qurban. Banyak daging yang berlebih, sedangkan yang membutuhkan juga banyak. “Selain untuk ibadah, juga untuk perbaikan gizi,” ucapnya.

Atok sapaanya juga mengungkapkan, bahwa dalam pemberian daging kalengan tersebut akan berselang 60 hari dari pemotongan dan pengemasan. Rencana baznas, tidak hanya qornet yang akan diberikan kepada masyakat. Namun disertai dengan adanya sembako yang lain.

Sedangkan bantuan lainya adalah bagi binaan peternak hewan qurban yang sudah terjalin lama. Bantuan tersebut terkait penjualan hewan. Dengan adanya program tersebut, hewan peternak dipastikan dibeli oleh baznas. Sehingga peternak tidak perlu bingung ketika menjual hewan ternaknya.

Editor: Hafid Asnan
Reporter: Ridho Abdullah Akbar
Fotografer: Ridho Abdullah Akbar