Cegah Korona dengan Berjemur

Salah Satu Cara Sederhana Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

BIASAKAN BERJEMUR: Salah satu cara sederhana yang dicontohkan dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap kuat adalah berjemur. Langkah ini sangat disarankan bagi masyarakat yang setiap harinya menghabiskan waktu seharian bekerja di dalam ruangan.

LUMAJANG, RADARJEMBER.IDAda beberapa cara sederhana untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penyebaran virus korona. Salah satunya berjemur di bawah terik matahari di pagi hari. Terutama warga yang kebanyakan menghabiskan waktu sehari dalam ruangan.

IKLAN

Sekitar pukul 09.00, Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati beserta sejumlah pejabat teras Pemkab Lumajang berjemur di halaman pemkab. Pemerintah mencontohkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melawan virus tersebut dengan meningkatkan daya tubuh.

Cak Thoriq, sapaan akrabnya, menjelaskan, selain menjaga kesehatan dan membersihkan lingkungan, ada salah satu cara alami dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu agar dapat menekan penyebaran virus ini. Seperti berjemur setiap hari di pagi hari.

”Saya dan teman-teman yang ada di OPD mengajak untuk berjemur sekitar 15 menit. Supaya terbiasa dengan cara yang alami dalam meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya. Kegiatan tersebut memang remeh, namun manfaatnya sangat ampuh jika menjadi rutinitas sehari-hari.

Wabup Lumajang Bunda Indah menambahkan, langkah tersebut merupakan edukasi pada masyarakat yang kebanyakan menghabiskan waktu bekerja di dalam kantor. Perlu meluangkan waktu sebentar untuk membiasakan berjemur ini. “Kalau petani dan pedagang terbiasa. Tapi seperti OPD dan yang bekerja di perkantoran dan lainnya, perlu meluangkan waktu setiap hari berjemur. Antara pukul 08.00 sampai 10.00,” pungkasnya.

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan