Inovasi Antakusuma, Antar Jemput Dokumen Adminduk

Layanan Adminduk Tak Perlu Rumit

SINERGI: Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Kepala Cabang Kantor Pos 67300 Lumajang Rijal Aji Prasetyo usai penandatanganan kerja sama program terbaru yakni Inovasi Antakusuma.

TOMPOKERSAN.RADARJEMBER.ID – Pemkab Lumajang terus melakukan berbagai inovasi dalam melayani kebutuhan masyarakat. Salah satunya untuk memudahkan masyarakat proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan.
Langkah ini direalisasikan dalam program bertajuk Inovasi Antar Dokumenku Sampai di Rumah (Antakusuma). Program inovasi ini bersinergi dengan Kantor Pos Lumajang, dan memberikan layanan antar jemput dokumen administrasi kependudukan di masa pandemi Covid-19.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengungkapkan apresiasinya kepada Kantor Pos Lumajang dan Dispendukcapil Lumajang atas inovasi tersebut. Menurutnya, Inovasi Antakusuma sangat membantu masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen adminduk khususnya pada saat pandemi Covid-19.

IKLAN


“Ini inovasi yang betul-betul yang menyelesaikan problem yang ada, saya bahagia sekali. Dengan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia ada banyak hal yang diselesaikan dan dituntaskan. Ini yang saya sebut inovasi itu progresif,” ujarnya usai melakukan penandatangan kerjasama dengan Kantor Pos Lumajang di Ruang Rapat Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Senin (22/6).
Pihaknya juga meminta agar Inovasi Antakusuma juga dapat diimplementasikan dalam antar jemput dokumen di kantor kecamatan.
Sementara itu Kepala Cabang Kantor Pos 67300 Lumajang, Rijal Aji Prasetyo menambahkan, kerja sama dengan Pemkab Lumajang merupakan sebuah terobosan yang dilakukan untuk menghadapi masa pandemi Covid-19. Secara teknis, Rijal menjelaskan, pihaknya akan memberikan pelayanan jemput-antar pengurusan administrasi kependudukan, sehingga para pemohon tidak perlu datang ke Kantor Dispendukcapil.
“Pengiriman dan pengambilan langsung akan dilakukan oleh Pak Pos. Pak Pos akan mengambil pengajuan berkas ke pemohon lalu kami antarkan ke dispenduk, nanti hasilnya kami juga kirimkan ke alamat-alamat yang yang dituju,” ujarnya.
Masyarakat cukup menyiapkan dan melengkapi persyaratan pengurusan dokumen adminduk, kemudian petugas pos akan menjemput dokumen tersebut. Setelah selesai, dokumen adminduk tersebut akan diantar ke alamat pemohon. (kl)

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti