Pemkab Lumajang Terapkan Uji Coba Penyedia Hot Mix

Berhasil Lakukan Penghematan Anggaran Hingga Ratusan Juta

DIUJI: Bupati Thoriqul Haq bersama Kepala DPUTR, Karna Suswandi saat memantau pelaksanaan ujicoba penyedia hot mix. Pengujian ini berhasil menghemat anggaran ratusan juta.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Untuk mengukur kualitas aspal, pe­me rintah mengadakan uji coba per­alatan, bahan dan teknis perkerjaan jalan aspal beton (hot mix). Hasilnya, pemerintah berhasil melakukan penghematan hingga ratusan juta rupiah.

IKLAN

Jumlah biaya yang dikeluarkan uji coba tidak sedikit. Untuk sekali uji coba kalau menggunakan anggaran pemerintah akan mencapai ratusan juta. “Untuk panjang jalan mencapi 375 meter, lebarnya 24 meter, tebalnya 6 sentimeter. Kita bisa hemat Rp 435 juta dalam sekali uji coba, padahal nanti masing-­masing Asphalt Mixing Plant (AMP) akan di bagi uji cobanya dimana saja,” ujar Bupatri Thoriqul Haq.Sebelum dikerjakan, pemerintah menginginkan uji coba dulu.

Gunanya untuk menilai dan mengukur kesiapan penyedia hot mix. Juga untuk menge­ta hui pemenuhan standart. “Begitu pemerintah butuh penyedia jalan, ya mereka salah satu rekomendasi,” tam­bahnya.

Meskipun penyedia melakukan uji coba, ternyata tidak ada kesitimewaan. Pengusaha tetap melalui mekanisme lelang. Pemenangnya akan direkomen­da sikan ke AMP yang sudah melakukan uji coba sesuai standar. “Tetap semua harus lelang,“ tambahnya.

Setidaknya ada 8 pengusaha penyedia jasa hot mix yang berpartisipasi dalam uji coba. Mereka berasal dari Jember, Pasuruan dan Malang. Diantaranya PT Tripada Citra Abadi, PT Sunan Muria, PT KIM, PT veva Indonesia, PT MRS, PT Bumi Karya Utama, PT Multi Bangun Indonesia, PT Sriwijaya 87 .”Mereka adalah teman­teman pe­ngusaha  AMP yang memberikan sum­bang sih dalam pelaksanaan pemba­ngun an di Lumajang,” ujar Karna Suswandi, Kepala Dinas PUTR.

Karna mengaku telah mengumpulkan para pengusaha jasa hot mix untuk melakukan uji coba di lapangan tembak. Yang merupakan tindak lanjut dari petunjuk Bupati.“Kita mencoba me ngum pulkan pemilik AMP sebagaimana petunjuk bupati. Alhamdulillah semua AMP sangat welcome untuk pelaksanaan uji coba ini,” pungkasnya.

Reporter : mg2

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan