Kasus Korupsi Pasar Hewan Lumajang

Bang Yosi Divonis Satu Tahun Penjara

PEMBACAAN PUTUSAN: Sidang putusan tindak pidana korupsi terhadap Yosi Sudarso telah dijatuhkan vonis.

KARANGSARI.RADARJEMBER.ID– Kasus tindak pidana korupsi Pasar Hewan Lumajang telah sampai pembacaan putusan. Terdakwa Yosi Sudarso, dijatuhi hukuman satu tahun penjara. Sedangkan tersangka lain dalam kasus yang sama, masih dalam proses sidang pembelaan terhadap tuntutan jaksa.

IKLAN

Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Lumajang Lilik Dwy Prasetya mengucapkan, untuk terdakwa Yosi Sudarso telah ada putusan vonis pada (21/4). “Divonis satu tahun penjara dengan denda Rp 100 juta. Tapi masih belum tahu, akan dilakukan banding dari pihak terdakwa atau tidak. Karena sidang putusan baru dilakukan siang ini,” ucapnya, kemarin.

Dalam proses penetapan tersangka hingga putusan vonis terhadap terdakwa, memakan waktu persidangan hingga lima bulan. “Untuk terdakwa yang satunya kami tuntut tujuh tahun penjara. Namun dalan proses pembelaannya masih sangat sengit sehingga belum sampai vonis,” ungkapnya.

Tuntutan tersebut sudah sesuai dengan pasal dalam undang-undang tindak pidana korupsi. Dia mengungkapkan, pasal yang diberlakukan terhadap dua terdakwa tersebut berbeda. Terdakwa Yosi Sudarso dikenai pasal 3 dengan ancaman hukuman minimal satu tahun penjara dan maksimal 20 tahun perjara. Sedangkan untuk terdakwa Tri Yani Rahayu, dikenai ayat 2 dengan ancaman hukuman minimal tujuh tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Lilik juga menjelaskan terkait fakta persidangan. “Dalam temuan korupsi Rp 541 juta tersebut, uang negara mengalir kepada terdakwa Tri Yani Rahayu sehingga dalam sidang tuntutan pasalnya berbeda. Dalam proses persidangan Yosi Sidarso sudah sangat koopetatif. Namun terdakwa yang satunya ini masih terus melalukan pembelaan, dan sampai saat ini masih mbulet,” paparnya.

Panasihat Hukum Terdakwa Yosi Sudarso, Wiwin Suharni mengungkapkan, vonis yang dijatuhkan kepada kliennya itu sudah minimal. Sehingga tidak akan melakukan banding terhadap putusan hakim.” Sidang tadi dimulai sejak jam 10.00 dan berjalan lancar tidak ada hambatan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih