Pemkab Berkomitmen Terus Lakukan Inovasi

DIJAWAB : Wakil Bupati Lumajang Ir Hj Indah Amperawati ketika me­nyampaikan jawaban pemerintah dalam rapat paripurna di DPRD Lumajang.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID –  ­ Pemerintah Ka­bupaten Lumajang berkomitmen akan terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas pe­layanan kepada masyarakat di segala bidang. Hal tersebut ditegaskan dalam penyampaian jawaban pemerintah dalam sidang Paripurna kemarin.

IKLAN

Dalam menyampaikan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi­ fraksi dibacakan langsung oleh wakil Bupati Lumajang Ir Hj Indah Am­perawati. Saat itulah, ditegaskan komitmen pemerintah.

Bunda Indah, sapaan akrab Wabup Lumajang ini menilai, materi pandangan umum fraksi­fraksi memberikan catatan positif. “Saya berterimakasih atas saran dan masukannya. Itu baik secara obyektif dan kon­struktif. Agar pemerintah dapat bekerja dengan baik,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan salah satu fraksi Pada Bidang kese­hatan, Bunda Indah menyam­paikan, pihaknya akan mela­kukan inovasi dan terobosan. Yang akan dituangkan didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD).

Secara konsisten, setiap tahun, Bidang Kesehatan selalu mendapatkan prioritas di dalam pelaksanaan APBD. Tujuannya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lumajang. Data statistik di bidang kesehatan akan diperbaiki melalui peningkatan kualitas pelaksanaan program yang lebih menyentuh masyarakat tidak mampu. Seperti misal per ma­salahan gizi, kesehatan lingku­ngan, Posyandu, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pe­ningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kesehatan, dan sarana kesehatan yang lain.

Pada Bidang Pendidikan, pi­haknya akan melakukan per­baikan dan penyempurnaan pro gram yang selama ini ber­jalan. “Saya berpendapat, dan itu menjadi tugas untuk me­ningkatkan IPM yang ada di Lumajang,”ujarnya.Pendidikan juga menjadi bagian penting untuk meningkatkan IPM.

Pihaknya akan melakukan peningkatan melalui kualitas dan kuantitas tenaga pendidik, sebaran guru dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. “Tentunya akan didampingi dengan pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Program pendidikan gratis, seragam gratis, beasiswa pada siswa atau mahasiswa tidak mampu yang berprestasi akan terus ditingkatkan alokasinya dan anggarannya. Disertai dengan fungsi pengawasan dan pengendalian. “Baik Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Dinas Pendidikan maupun Masyarakat,” katanya.

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan