Puluhan Korban Berasal dari Beberapa Kawasan di Lumajang

ATIEQSON MAR IQBAL LEBIH MENGANTISIPASI: Sejumlah pejabat Pemkab Lumajang ketika menjelaskan langkah antisipasi terhadap potensi penyebaran di Lumajang. Sebab dalam dua hari terkahir sudah ada belasan ODP dan dua PDP

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Butuh konsentrasi serius mencegah virus korona. Sebab, selang sehari jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terus meningkat. Bahkan pasien dalam pengawasan (PDP) juga terus bertambah. Kini jumlahnya telah mencapai puluhan orang yang berasal dari beberapa kawasan di Lumajang.

IKLAN

Bertambahnya jumlah tersebut membuat Pemkab mengambil langkah-langkah preventif. Seluruh masyarakat diminta menjaga lingkungan serta kebersihan masing – masing. Bahkan bagi orang yang sempat kontak langsung dengan beberapa korban diharapkan melakukan aktivitas dalam rumah. Termasuk jika mengalami gejala segera memeriksakan diri.

Menurut informasi yang berhasil di himpun Jawa Pos Radar Semeru, ada 19 ODP dan 2 PDP yang tersebar di Kecamatan Padang, Lumajang, Kedungjajang, Sukodono, Randuagung, Kunir serta Kecamatan Tempeh. Praktis jumlahnya mencapai 21 orang. Kondisi tersebut bakal terus bertambah jika tidak segera di atasi.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, antisipasi pencegahan korona terus dilakukan. Terutama mengidentifikasi orang – orang yang kembali pulang dari luar daerah maupun luar negeri. Sebab, untuk meminimalisasi penyebaran. “Ada yang dari TKI, umrah dan orang – orang yang dari luar daerah,” ujarnya.

Sedangkan orang – orang yang sempat melakukan kontak langsung langsung dengan korban, baik bersentuhan maupun pernah berjabat tangan diharapkan menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas luar rumah. “Biasanya keluarga maupun orang – orang di sekitarnya. Itu harus jaga diri. Kalau mengalami gejala juga harus periksa,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang Bayu Wibowo menjelaskan, antisipasi tersebut dalam rangka menekan jumlah penyebaran. Termasuk mengurangi sejumlah aktivitas yang tidak diperlukan. “Jawa Timur sudah dinyatakan darurat bencana covid – 19. Jadi intinya Lumajang masuk. Sehingga harus menjaga diri, lingkungan dan kebersihan,” pungkasnya.

ODP
Kecamatan Padang 1 orang
Kecamatan Lumajang 4 orang
Kecamatan Kedungjajang 2 orang
Kecamatan Sukodono 3 orang
Kecamatan Randuagung 1 orang
Kecamatan kunir 2 orang
Kecamatan Tempeh 6 orang

PDP
Kecamatan Lumajang 1 orang
Kecamatan Sukodono 1 orang

Meninggal 1 orang

Total
ODP 19 orang
PDP 2 orang
Korona 0
Meninggal 1 orang

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan